Lapas Kota Metro Perketat Pengamanan

  • In Hukum
  • 25 Jul 2022
  • Laporan Rio
  • 495 Views
img
Rakor jajaran Lapas Kelas IIA Kota Metro, membahas upaya memperketat pengamanan untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas

MOMENTUM, Metro--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kota Metro, memperketat keamanan terhadap pengunjung dan warga binaan.

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro Muchamad Mulyana mengatakan, langkah memperketat keamanan itu untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya peredaran narkoba di dalam Lapas.

"Hasil rakor tadi, kita akan memperketat keamanan terhadap pengunjung maupun warga binaan. Ini sebagai tindak lanjut temuan permasalahan di lapas," kata  Muchamad Mulyana usai rakor dengan jajaranya Senin (25-7-2022).

Dia menyebut, ada tiga poin kunci maju dalam mengelola Lapas. Pertama, harus melakukan koordinasi dan berkolaborasi dengan stakeholder terkait.

"Kita membutuhkan dukungan dari stakeholder terkait, aparat hukum maupun  pemerintah daerah," ucapnya. 

Kedua, memperketat penjagaan pintu keluar masuk jam besuk keluarga warga binaan demi memgantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Mengingat banyaknya warga binaan kasus narkoba, tidak menutup kemungkinan mereka bisa saja nekad melakukan penyelundupan narkoba. Jangan sampai itu terjadi," tegasnya.

Karena itu, lanjut dia, petugas penjaga keamanan Lapas harus lebih selektif melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung.

Kemudian yang ketiga, petugas Lapas harus dapat mendeteksi kemungkinan-kemungkinan akan terjadi permasalahan atau gangguan keamanan. 

Petugas juga harus lebih peka dan menjadi rol model untuk warga binaan. Sebanyak mungkin untuk menularkan hal-hal yang positif, kepada warga binaan.

"Satu lagi, kunci Lembaga Pemasyarakatan maju itu ada yang namanya back to basic. Bagaimana kita melaksanakan tugas terkait dengan pembinaan, terkait dengan pengamanan, terkait perawatan dengan tahanan itu. Kita kembali berorientasi terhadap pengoptimalan sesuai dengan aturan-aturan yang  berlaku," jelasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos