Minta Toleransi Penumpang, Sopir Naikkan Ongkos Angkutan Umum

img
Ilustrasi. Ist.

MOMENTUM, Telukpandan--Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) tak hanya memicu naiknya harga kebutuhan pokok di Kabupaten Pesawaran. Ongkos angkutan umum juga ikut terdampak.

Kenaikan tarif angkutan berkisar antara seribu hingga dua ribu rupiah, untuk rute angkutan dari Lempasing, Pesawaran hingga Telukbetung, Bandarlampung.

Seorang sopir angkutan umum, Iwan (48) menyebut kenaikan tarif itu sudah mulai disosialisasikan kepada pengguna angkutan di kawasan pesisir Pesawaran hingga Telukbetung.

"Jadi itu hasil kumpul bareng bersama para sopir meminta tambahan kenaikan Rp1.000 hingga Rp2.000," katanya, Selasa (6-8-2022).

Iwan, juga sopir angkutan pedesaan tersebut, menyampaikan pihaknya dalam dua hari ini mensosialisasikan kenaikan tarif tersebut kepada penumpang.

"Jadi, kami minta toleransi penumpang untuk kenaikkan tarif tersebut, tapi kalau anak sekolah tarifnya tetap, tidak ada kenaikan," jelas Iwan.

Sementara, Kapolsek Padangcermin Iptu Apri Sampanuju meminta kepada para sopir angkutan pedesaan di wilayah pesisir Pesawaran untuk lebih dulu menyosialisasikan kenaikan tarif itu kepada penumpang.

"Dampak kenaikan BBM jangan ujug-ujug atau sembarangan menaikkan tarif, tapi harus disosialisasikan. Kalau ada kendala di musyawarahkan," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolsek Padangcermin menyebutkan, pihaknya mendapatkan laporan adanya pertemuan para sopir angkutan pedesaan di Lapangan Krida Yuana, Desa Hanura.

"Dari hasil monitoring tersebut telah didapatkan kesepakatan tarif ada penyesuaian sebesar seribu hingga dua ribu rupiah," katanya.

Ia juga menambahkan, pertemuan tersebut dihadiri para pengemudi angkutan pedesaan pickup orang, dan sebagai yang dituakan adalah saudara Asnawi asal warga Desa Gebang Kecamatan Telukpandan.

"Musyawarah tersebut dilakukan untuk menyesuaikan tarif sehubungan dengan penyesuaian harga BBM yang ditetapkan pemerintah," ungkapnya.

Berikut daftar tarif baru angkutan pedesaan kawasan pesisir Kabupaten Pesawaran:

I. Untuk penumpang umum
   - Telukbetung-Lempasing Rp5.000
     (Tarif awal Rp4.000)
   - Telukbetung- Hurun/Hanura Rp7.000
      (Tarif awal Rp6.000)
   - Telukbetung- Gebang tanpa Hanura
      Rp8.000 (Tarif awal Rp7.000)
   - Telukbetung-Seribu Rp10.000
     (Tarif awal Rp9.000)
   - Telukbetung-Ketapang Rp15.000
      (Tarif awal Rp13.000)
   - Telukbetung-Sabu/Margod Rp15.000
      (Tarif awal Rp13.000)
   - Telukbetung-Padangcermin Rp30.000
      (Tarif tetap)
   - Telukbetung-Bunut/Keluwih Rp35.000
      (Tarif tetap)

II  Untuk Anak Sekolah
    - Jauh-Dekat Rp3.000 (Tarif tetap). (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos