Rektor UIN RIL Visiting Lecture di Kampus Besar Malaysia

img
Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD saat visiting lecture di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM).

MOMENTUM, Selangor Darul Ehsan, Malaysia--Sebagai upaya meningkatkan kolaborasi akademik internasional, rektor dan sejumlah dosen Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) melakukan visiting lecture di Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Senin (12-6-2023).

Rektor UIN RIL Prof Wan Jamaluddin Z MAg PhD mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi kerjasama UIN Raden Intan Lampung dengan UKM dalam memberikan pendidikan dan pengajaran.

“Selain sebagai bentuk rekognisi internasional terhadap dosen UIN Raden Intan Lampung, ini (visiting lecture) juga merupakan kesempatan berbagi ilmu dan pengetahuan sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing,” kata dia.

Dengan begitu, lanjut Prof Wan, para dosen dapat meningkatkan kompetensi keilmuan dan skill dalam pengalaman pengajaran di kampus luar negeri.

Bertempat di Institut Alam dan Tamadun Melayu (ATMA) UKM – salah satu bagian dari UKM yang menawarkan studi pascasarjana – Rektor Prof Wan yang juga selaku Dosen Pascasarjana UIN RIL, dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi Pendidikan Berwawasan Lingkungan dengan judul Digitalization and Independence of Education in the 5.0 Era with an Environmental Perspective.

Materi yang disampaikan oleh Rektor tersebut mengandung dua dari tiga pilar utama program pimpinan saat ini, yaitu Internasionalisasi, Digitalisasi, dan Kemandirian yang selaras dengan terwujudnya visi UIN RIL sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

Sejumlah dosen UIN RIL yang juga turut memberikan materi di ATMA UKM yakni 4 Dosen Pascasarjana, sedangkan lima dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) mengisi materi pada Program International Islamic Issues Discourses di Fakulti Pengajian Islam (FPI) UKM.(**)

Berikut nama dan judul materi yang disampaikan:

• Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi (Direktur Pascasarjana) : Konsep Upah dalam Ekonomi Islam

• Dr Hj Heni Noviarita SE MSi (Wakil Direktur Pascasarjana) : Literasi dan Inklusi Lembaga Keuangan Syariah di Indonesia dan Malaysia

• Dr Syamsul Hilal MAg (Kaprodi S2 Ekonomi Syariah) : Urgensi Kaidah Fiqhiyah dalam pengembangan Lembaga Keuangan Syariah;

• Dr Imam Syafei’i MAg (Kaprodi S2 Pendidikan Agama Islam) : Konsep pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital;

• Dr Ahmad Isnaeni MA (Dekan FUSA): Current Development of Hadith Science in Indonesia

• Dr Andi Thahir MA (Wakil Dekan FUSA) : Integration of Positivist Psychology and Critical Psychology

• Tin Amalia Fitri MSi  : Government Challenges on Sustaining Democracy Principles (Reviewing toward Indonesian Government)

• Agung M Iqbal MAg : Current Development on Sufism Science in Indonesia"

• Muhammad Nur MHum : The Qur'anic Logic in Al Ghazali's Book Al- qistas Al Mustaqim






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos