Tiga Menteri Dijadwalkan Hadiri Rapat Kerja Gubernur di Lampung

img
Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Rapat Kerja Gubernur Forum Kerjasama Daerah Mitra Praja Utama (FKD-MPU) XVIII-2018 pada 27 Maret mendatang. Di agendakan, sekitar tiga menteri dan sepuluh gubernur akan hadir.


Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Hamartoni Ahadis menjelaskan, menteri yang diagendakan hadir yaitu Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Menkominfo Rudiantara.


“Selain itu 10 Gubernur yang hadir yaitu dari Provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, DI Yogyakarta, NTB, dan NTT,” ujar Hamartoni usai memimpin rapat persiapan di Gedung Pusiban, Senin (12/03/2018).


Hamartoni mengungkapkan, untuk periode pertama, Lampung adalah Provinsi terakhir yang ditunjuk menjadi tuan rumah Raker Gubernur FKD-MPU.


“Untuk itu rapat hari ini membahas masalah persiapan penyambutan, kesiapan pendampingan dan hal-hal teknis lainnya. Rabu mendatang akan dilanjutkan pembahasan dengan kabupaten/kota sebagai salah satu partisipan yang berperan dalam meramaikan dan menyukseskan acara,” imbuhnya.


Rakergub kali ini akan mengusung tema “Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi Program Kerjasama melalui Konektivitas dan Integrasi Data Provinsi Anggota MPU”. Menurut Hamartoni, ada tiga Topik Pembahasan dan pokok permasalahan yang dibahas.


Pembahasan pertama ialah Kerjasama penyelesaian Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), Orang dengan masalah kejiwaan (ODMK), dan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Kedua Penyediaan Informasi pangan dan pengendalian Inflasi Daerah. Lalu yang terakhir Pembentukkan MPU Tourism-Trade-Investment-Center Jakarta.


“Poin yang dibahas terutama masalah sosial, masalah kejiwaan, masalah stress masyarakat di 10 provinsi tersebut. Ada 3 provinsi yang sangat menonjol yakni DKI, Jawa Tengah, dan Jawa Barat. Hal itu yang menjadi fokus kita agar nantinya tersedia data-data itu. Ini yang menjadi tema kita 2018 ini. Kemudian kita juga akan membahas lebih detail lagi pada Pak Gubernur,” katanya. (ira).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos