Global Surya Siapkan Lulusan Terampil

img
Suasana kegiatan belajar mengajar di SMK Global Surya Bandarlampung.Foto:Agung Chandra Widi.

Harianmomentum.com--Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Global Surya Bandarlampung mempersiapkan lulusan terampil di bidang ilmu komputer dan ilmu keperawatan.

 

SMK favorit yang mengusung karakter islam ini memiliki fasilitas lengkap dan tenaga pengajar yang kompeten. 

 

"SMK Global Surya merancang pembelajaran untuk membentuk generasi cerdas, terampil, berperilaku santun, sertaberkarakter  agamis namun menguasai wawasan keglobalan. Kami mendidik dan mempersiapkan lulusan yang terampil kerja," kata humas dan marketing SMK Global Surya, Aldi Adrian Erya, di Jalan Suttan Djamil nomor I Gedung Meneng, Bandarlampung, Sabtu (21/10).

 

Aldi menambahkan bahwa sebanyak tiga prodi yang tersedia yaitu Komputer Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak, dan Kesehatan Keperawatan. Menurut dia, kebutuhan tenaga kerja di bidang-bidang tersebut semakin tinggi.

 

"Dunia kerja saat ini membutuhkan tenaga kerja profesional. SMK Global Surya tidak hanya fokus pada pendidikan kognitif siswa tapi juga membentuk ahlak dan kepribadian mulia," kata Aldi.

 

Aldi menyebutkan beragam fasilitas SMK Global Surya di antaranya ruang belajar berpendingin udara dan LCD, laboratorium keperawatan, laboratorium multimedia, laboratorium rekayasa perangkat lunak, CCTV, perpustakaan.

 

"Selain itu juga ada Masjid Al Surya yang megah sebagai pusat kajian agama islam bagi siswa, convention hall, lapangan futsal dan basket, kantin, kolam renang, lapangan parkir luas, kantin higinis, studio musik, serta area outbound di halaman sekolah," jelasnya.

 

Dalam Undang-Undang sistem pendidikan nasional nomor 20 tahun 2003 pasal 15, dikatakan bahwa pendidikan menengah kejuruan bertujuan untuk menyiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.

 

Tujuan tersebut kemudian dijabarkan kembali oleh direktorat pendidikan menengah kejuruan (dikmenjur) menjadi tujuan khususnya adalah; menyiapkan peserta didik agar dapat bekerja, baik secara mandiri atau mengisi lapangan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah.

 

Sesuai dengan bidang dan program keahlian yang diminati, membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, serta mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminati, dan membekali peserta didik dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) agar mampu mengembangkan diri sendiri melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

 

Untuk merealisasikan tujuan-tujuan tersebut, pemerintah kemudian mengembangkan tiga model kurikulum yang diberlakukan pada sekolah kejuruan, yaitu kurikulum normatif, kurikulum adaptif, dan kurikulum produktif.

 

Kurikulum normatif adalah kumpulan mata pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik dengan lebih menekankan pada mengetahuan kognitif.

 

Jenis kurikulum ini selain ada atau ditemukan pada sekolah kejuruan juga ditemukan pada sekolah menengah. Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, PKn, dan lain-lain.

 

Kurikulum adaptif, adalah kumpulan mata pelajaran yang diajarkan pada semua sekolah kejuruan dengan menekankan pada keterampilan atau skill; sedangkan kurikulum produktif adalah kumpulan mata pelajaran yang menjadi ciri khas dari setiap sekolah kejuruan.

 

Aspek yang paling ditekankan pada kurikulum ini adalah keahlian yang akan menjadi keunggulan lulusan. 

 

Dengan demikian, akan berbeda jenis kurikulum produktif antara satu SMK dengan SMK lainnya, tergantung pada ciri khasnya.

 

“SMK Global Surya menerapkan beberapa kurikulum tersebut tentu saja. Karena asumsinya adalah kurikulum normatif menjadi bekal siswa jika ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, kurikulum adaptif menjadi bekal siswa memasuki dunia usaha atau industri, sedangkan kurikulum produktif menjadi bekal siswa untuk menciptakan lapangan kerja secara mandiri,” kata Aldi.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos