LPM IPDN Gali Program Pengabdian di Lamtim

img
Penyerahan cinderamata atas kunjungan LPM IPDN ke Pemkab Lamtim./Arif

Harianmomentum.com--Dosen Lembaga Pengabdian Masyarakat Institut Pemerintahan Dalam Negeri (LPM IPDN) menggali program pengabdian terhadap masyarakat di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Provinsi Lampung, Selasa (7/8).

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh LPM IPDN itu akan dilaksanakan di dua kecamatan yakni Wawaykarya dan Jabung. 

Kepala LPM IPDN, Bayi Proyono menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat memberi manfaat khususnya kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Timur.

"Kegiatan pengabdian masyarakat pedesaan seperti ini dilakukan untuk menemukan dan mengidentifikasi masalah serta perumusan solusi terhadap masalah prioritas yang dihadapi warga desa," katanya.

Ia mengatakan, solusi itu dapat berupa kebijakan, orientasi, pelatihan, penyuluhan, atau bimbingan teknis dan metode dengan substansi masalah yang dihadapi serta ketersediaan sumber daya yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Gubernur IPDN, Ermaya Suradinata mengatakan bagi instansinya kegiatan pengabdian semacam ini merupakan media aktualisasi keilmuan praktek penyelenggaraan pemerintahan yang ditumbuhkembangkan pada lingkungan kampus dengan memberikan perspektif baru dan memberi solusi sebatas kapasitasnya.

"Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga merupakan media bagi para dosen untuk mengombinasikan teori-teori yang ada dengan problematika pada pemerintahan sehingga isu-isu kekinian dapat memperkaya teori yang ada atau menggugurkannya," kata Ermaya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan atas nama Pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang kepada Gubernur IPDN dan rombongan.

"Semoga ini menjadi semagat bagi kami untuk terus membangun Kabupaten Lampung Timur semaik baik," katanya.

Selaku Wakil Bupati, ia mengaku, bangga dengan adanya pengabdian masyarakat pedesaan dari LPM IPDN ini, sehingga ke depan akan memberikan manfaat dan dampak positif bagi masyarakat.

Dalam acara tersebut juga dilakukan pembekalan dan pemaparan materi-materi dari narasumber serta diakhiri dengan penyerahan cindramata serta penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara IPDN dengan Pemkab Lampung Timur.(rif)



Leave a Comment