Ratusan Calon Kades Deklarasi Damai

img
Deklarasi damai pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Lampung Selatan

Harianmomentum.com--Pemeritah Kabupaten Lampung Selatan menyelenggarakan deklarasi damai pemilihan kepada desa  (pilkades) serentak, Rabu (19-6-2019).

Deklarasi damai yang diikuti 435 calon kepala desa (kades) dari 131 desa di 17 kecamatan itu berlangsung di lapangan Korpri, kantor pemkab setempat.

Deklarasi yang dikemas dalam apel gabungan unsur: Polri, Kodim 0421  Satuan Pol Pamong Praja itu, dipimpin langsung Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lamsel  Nanang Ermanto.

Plt Bupati Lamsel Nanang Ermanto berharap deklarasi itu dapat memberikan pemahaman kepada seluruh pihak terkait tentang pentingnya menjaga suasana tetap kondusif selama pelaksaan tahapan pilkades serentak.

“Semoga melalui deklarasi damai ini dapat  meminimalisir kemungkinan terjadinya hal-hal yang dapat menghambatan pelaksanaan Pilkades serentak,” kata  Nanang.

Menurut dia, pilkades merupakan proses  pergantian kepemimpinan di tingkat desa secara demoktratis. Karena itu, pilkades serentak hendaknya menjadi sarana penanaman dan pemahaman nilai-nilai demkorasi pada masyarakat.

“Pemilihan Kepala Desa serentak ini sebagai momentumu ntuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi.Masyarakat mempunyai 

peran penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa sesuai  kebutuhannya,” terangnya. 

Nanang juga meminta para camat berkoordinasi dengan jajaran TNI/Polri terkait pelaksanaan pilkades serentak di wilayah masing-masing.

Turut hadir pada deklarsi damai itu, jajaran forum komunikasi pimpinan daerah dan perwakilan a Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan para tokoh masyarakat setempat. (alp)




Leave a Comment