Mufti: Fraksi PKS Harus Lebih Aktif dan Responsif

img
Rapat Fraksi PKS DPRD Lampung//dok

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Lampung Ahmad Mufti Salim berharap agar Fraksi PKS di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung periode 2019-2024 dapat lebih aktif dan responsif.

Untuk itu, Mufti menegaskan agar struktural Fraksi, mulai dari ketua, wakil ketua dan sekretaris serta bendahara memiliki tupoksi yang jelas.

“Kita menginginkan secara organisasi berjalan lebih baik, smart dan modern. Hal itu harus didukung dengan sistem yang baik agar menghasilkan sehingga terbentuklah Fraksi PKS yang aktif dan responsif,” kata Mufti melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Rabu (11-9-2019).

Mufti menjelaskan, aktif dan responsif menitik beratkan kepada kerja-kerja Fraksi PKS secara kolektif dengan tetap mengedepankan tupoksi masing-masing anggota fraksi di berbagai alat kelengkapan dewan (AKD) yang akan terbentuk.

“Sesuai tupoksi dewan diantaranya pengawasan, penganggaran dan legislasi dan aktif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan maupun evaluasi pembangunan,” jelas Mufti. 

Selain itu, sambung dia, aktif pula dalam mendorong penganggaran kepada kebutuhan publik yang lebih prioritas. 

“Serta aktif dalam proses pembentukan peraturan daerah, aktif dalam sosialisasi peraturan daerah dan aktif memastikan peraturan daerah yang telah disahkan agar berguna bagi kesejahteraan rakyat,” terangnya.

Sementara dalam konteks responsif, menurut Mufti, setiap kebijakan yang akan diambil, baik oleh Fraksi maupun DPRD secara kelembagaan, terlebih dahulu mendengar respon dan suara hati rakyat. 

“Kami berharap, partisipasi publik melalui respon yang ditunjukkan atau disampaikan kepada fraksi dapat menjadi acuan kebijakan yang diambil fraksi maupun DPRD secara kelembagaan,” kata Santri yang pernah mondok di Krapyak Yogyakarta itu.

Untuk itu, kata dia, Fraksi PKS telah menyiapkan berbagai sarana untuk menjembatani suara rakyat, baik melalui pertemuan tatap muka atau ofline maupun melalui dunia maya atau online.

“Saran tatap muka, dapat dilakukan saat Hari Aspirasi setiap Senin mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00 di ruang fraksi, atau saat reses, juga pada momen-momen tertentu,” ucapnya.

Sedangkan melalui online PKS telah menyiapkan website di www.fraksi.pkslampung.com dan media sosial facebook dan Instagram serta di @FPKSLampung. 

“Akses ini silakan dimanfaatkan untuk menampung respon dari rakyat sehingga memudahkan rakyat untuk menyampaikan ide-ide, saran dan gagasan kepada kami di Fraksi PKS DPRD Lampung,” serunya.(acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos