Lakalantas Penyebab Kematian Tertinggi di Jalan Raya

img
Penyerahan potongan tumpeng kepada anggota Polantas sebagai Perayaan Hari Lalu Lintas di Ditlantas Polda Lampung./iwd

MOMENTUM, Bandarlampung--Kecelakaan Lalu Lintas (Lakalantas) menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di jalan raya.

Hal itu disampaikan Dirlantas, Kombes Pol Chiko Ardwiatto saat membacakan amanat Kapolri Jendral Tito Karnivian, pada acara syukuran Hari Lalu Lintas di aula Ditlantas Polda Lampung, Minggu (22-9-2019).

Berdasarkan data Global Status Report on Road Safety 2019, kecelakaan lalu lintas (lakalantas) menjadi penyebab kematian tertinggi manusia pada usia 5-29 tahun.

"Salah satu upaya dan kerja keras yakni pencapaian penurunan indeks fatalitas per 10.000 kendaraan sesuai dengan target rencana umum nasional keselamatan jalan 2011-2035, namun jangan membuat cepat puas diri," ujar dia membacakan amanat tersebut.

Saat dikonfirmasi awak media, Chiko mengatakan, perayaan HUT ke-64 ini jadi momentum untuk meningkatkan profesionalitas serta integritas personel, dengan mengutamakan pelayanan yang berbasis IT menuju polisi profesional modern dan terpercaya.

"Muaranya agar kita bisa menurunkan angka fatalitas di jalan," kata dia. Chiko menuturkan, pihaknya telah melakukan berbagai upaya, salah satunya operasi patuh Krakatau 2019 yang sudah selesai beberapa waktu yang lalu.

Adapun dalam operasi tersebut difokuskan pada penindakan safety belt dan helm SNI. Selain itu, anak belum cukup usia atau pelajar banyak yang ditemukan sudah menggunakan kendaraan, upaya pencegahan terus dilakukan.

"Dilema juga karena bukan cuma peran aparat dan sekolah, tapi peran orangtua (penggunaan kendaraan di bawah umur) juga harus jalan, nanti kita coba mengeluarkan surat imbauan ke sekolah, agar membatasi penggunaan kendaraan ke pelajar, tapi memang diakui, di daerah-daerah masih banyak fasilitas Angkutan yang belum memadai sehingga anak kesulitan (menempuh sekolah), makanya itu juga yang saya maksud dilema," pungkasnya.(iwd)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos