Wujudkan Polantas Promoter, Ditlantas Tingkatkan Informasi dan Publikasi

img
Foto bersama usai kegiatan silaturahmi antara jajaran Ditlantas Polda Lampung dengan awak media.

MOMENTUM, Bandarlampung--Direktorat Lalulintas (Ditlantas) Polda Lampung menggelar silahturahmi dengan pekerja media guna peningkatan pelayanan informasi dan publikasi di bidang Lalulintas dalam mewujudkan Polantas yang promoter.

Direktur Lalu Lintas Polda Lampung Kombes Pol Chiko Ardwiatto mengatakan, pada era digital saat ini, masyarakat bisa menerima infomasi dengan cepat dan akurat. Namun informasi akan berdampak buruk jika informasi tersebut tidak benar.

“Peranan media sangat penting bagi Kepolisian dalam menjalankan tugas, terutama Polantas. Media menjadi peran penting sebagai katalisator dan penghubung kepada masyarakat terkait kegiatan yang dilakukan. Pers dan Polri saling berhubungan erat, seperti simbiosis mutualisme, dimana ada Polisi disitu ada Wartawan,” ujar Chiko, di aula Kantor Ditlantas Polda Lampung, Kamis (3-10-2019).

Dia menuturkan, Provinsi Lampung merupakan pintu masuk dan keluar transportasi darat dan laut, sehingga otomatis permasalahan lalu lintas yang menonjol adalah kecelakaan lalu lintas.

Untuk itu, lanjut Chiko, diperlukan penanganan serius. Polantas harus bersinergi dengan stakeholder lainnya, yang biasa di sebut Lima Pilar yakni Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Jasa Raharja dan Polantas.

“Perlu lebih intens terkait masalah kecelakan lalulintas di Lampung, saya perintahkan segera menganalisa saat kecelakaan dan saya juga atensi kepada Kapolres untuk melakukan penyelidikan terkait penyebab kecelakaan guna menekan angka kecelakaan,” kata Chiko.

Selanjutnya Chiko berharap silaturrahmi dengan insan pers dapat terus terjalin lebih baik lagi. Menurut dia, adanya keluhan dari pers sulit yang menjalin komunikasi dengan dirinya bukanlah unsur kesengajaan, melainkan karena kondisi dan kesibukannya.

Sementara, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Ini merupakan kegiatan pertama yang harus diapresiasi. Mengingat era sekarang yang serba cepat maka penting bagi kita khususnya petugas polisi di bidang lalu lintas gencar dalam percepatan penyampaian informasi," katanya.

Namun, kata Pandra, kalau kita tidak banyak komunikasi maka akan sulit untuk mencapai hal tersebut. "Misalnya saja kasus kecelakaan di Waykanan, kasus Mesuji. Kalau kita tidak cepat komunikasi, maka informasinya akan simpang siur," ujarnya.

Selain itu, Kombes Zahwani Pandra melanjutkan, dengan adanya silaturahmi dan komunikasi antara pekerja media ini diharapkan bisa mempercepat akses informasi khususnya di bidang lalu lintas sehingga mewujudkan Polantas yang promoter.

Turut hadir dalam acara tersebut Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Wadir Lantas Polda Lampung, Pejabat Utama Ditlantas Polda Lampung.(iwd)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos