Puluhan Pelajar SMA di Metro Berlatih Jurnalistik

img
Ketua PWI Kota Metro Abdul Wahab memaparkan materi teknil penulisan berita kepada para pelajar SMA

MOMENTUM, Metro--Puluhan pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kota Metro, mengikuti pelatihan jurnalistik, Rabu (13-11-2019).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Metro, Kecamatan Metro Pusat itu diselenggarakan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) setempat.

Ketua PWI Kota Metro Abdul Wahab yang menjadi pemateri pelatihan tersebut memaparkan terkait dasar-dasar pembuatan berita.

Menurut Wahab, pakem dasar pembuatan berita harus memenuhi  unsur 5W plus 1H: what=apa, who= siapa, why=mengapa, when= kapan, where= dimana dan how= bagaimana.

"Informasi yang disampaikan harus jelas, tidak sepotong-sepotong. Misal kejadian kecelakaan. Jangan hanya menyebutkan korban, tempat, dan waktu, tetapi tidak menerangkan  kronologisnya  seperti apa. Jangan membuat pembaca mengira-ngira," jelasnya.

Wahab berharap, melalui kegiatan tersebut, para pelajar dapat mengerti dan memahami teknis dan aturan seorang wartawan dalam menghasilkan karya jurnalistik.

"Kegiatan ini untuk menambah wawasan kepada para pelajar, tentang dunia jurnalistik. Sehingga mereka kelak mengerti tentang apa itu jurnalistik dan teknik cara penulisan berita," harapnya. (pie)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos