Melalui KPBU, TPA Bakung Bakal Diubah Jadi PLTSa

img
Walikota Bandarlampung Herman Hn saat rapat koordinasi di Hotel Novotel, kemarin. ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung berencana bekerja sama dengan perusahaan swasta terkait pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung.

Melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU), Pemkot harapkan PLTSa dapat menambah daya listrik di Bandarlampung.

"Sehingga TPA Bakung juga nantinya bisa lebih baik lagi. Rencananya bakal dicek oleh Pak Dirjen besok," ujar Walikota Herman Hn usai Rapat Koordinasi di Hotel Novotel, Senin (23-9-2019).

Herman menyebut sampah yang ada di TPA Bakung nantinya dimanfaatkan menjadi sumber energi listrik. Sehingga, tata kelolanya akan lebih baik.

"Mungkin bisa jadi gas, listrik atau apa pun yang bermanfaat. Jadi sampahnya bisa ada manfaat, saya yakin ini berjalan baik," terangnya.

Sementara, Direktur Jenderal (Dirjen) Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Eko Heripoerwanto akan memastikan bahwa proyek KPBU itu berjalan dengan baik.

"Kami memastikan KPBU dengan sektor PUPR ini berjalan dengan lancar. Kalau ada kendala, nanti kita akan coba cari solusinya," jelas Eko.

Dia menjelaskan saat ini sedang dilakukan penyusunan formula pengelolaan sampah di TPA Bakung, agar dapat dijadikan PLTSa.

"Kita akan coba cari formulanya, pelaksanaannya seperti apa? Nanti kita matangkan dalam rapat ini, kemudian akan kita tawarkan ke investor," tuturnya. (red)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos