Pipa Limbah Pabrik Tempe Rusak, Warga Terganggu Bau Tak Sedap

img
Pipa limbah pabrik tempe ini patah, dan menimbulkan bau tak sedap yang mengganggu warga RT3/RW1 Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur

MOMENTUM, Metro--Warga  RT03/RW01, Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur, Kota Metro mengeluhkan bau tak sedap limbah pabrik pembuatan tempe.

Bau tak sedap itu muncul, akibat kebocoran pipa limbah cair pabrik tempe di wilayah tersebut.   

"Kebocoran pipa limbah pabrik tempe itu, sudah beberapa hari. Tapi belum juga diperbaiki. Warga di sini terganggu, karen bau limbah itu," kata Rubiyo. 

Warga menduga, pipa limbah itu bocor karena tak kuat menahan tekanan air di saluran drainase saat hujan deras.

"Pipa itu kan ada di saluran drainase. Kemungkinan karena hujan deras, tekanan arus air kuat, pipa itu patah dan bocor," terangnya.

Warga berharap, pemilik pabrik tempat segera memperbaikan kerusakan pipa limbah tersebut.

"Kami tidak melarang sesama warga mau usaha apa, namanya mencari rezeki. Tapi kalau ada kerusakan yang menimbulkan dampak lingkungan seperti ini, ya mohon segera diperbaiki," harap warga.

Menanggapi keluhan warga, Jumadi pengelola pabrik tempe itu mengatakan segera memperbaiki kerusakan pipa limbah tersebut.

"Segera kita perbaiki. Bahkan, material seperti pipa, paku, semen dan lainnya sudah kami siapkan. Tapi kalau diperbaiki sekarang kan musim hujan. Nanti percuma, kalau diperbaiki terus rusak lagi ketika turun hujan," kilahnya.

Menurut dia, untuk melakukan perbaikan pipa limba tersebut membutuhkan waktu yang pas, agar bertahan lama.

"Nunggu musim panas beberapa hari dulu. Karena saya khawatir, kalau diperbaiki sekarang besok rusak lagi," katanya.(pie)







Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos