SAR Tanggamus Evakuasi Warga dari Hutan Sinarlebak

img
Evakuasi korban terjebak dalam Hutan Sinarlebak Kabupaten Tanggamus./ist

MOMENTUM, Kotaagung--Anggota Pos SAR Tanggamus berhasil mengevakuasi warga yang terjebak di tengah hutan Sinarlebak wilayah kabupaten setempat.

Korban Rahman Basri terjebak cuaca dingin hingga sempat mengalami hipotermia (penyakit dingin) dan serangan jantung di kawasan Hutan Sinarlebak, Sabtu (8-2-2020).

Beruntung pria berusia 60 tahun asal Pekon Negeriratu, Kecamatan Kotaagung tersebut, masih tertolong. Tim dari Pos SAR Tanggamus bersama warga, berhasil mengevakuasi korban dari tengah hutan dan melarikan korban ke Rumah Sakit Umum Daerah Batin Mangunang. 

Komandan Pos SAR Tanggamus Hery Ansoni membenarkan, menerima laporan dari seorang anggota Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tanggamus, Asep.

Pelapor menginformasikan, bahwa di tengah hutan Sinarlebak, ada seorang warga yang diduga mengalami serangan jantung. 

"Dari laporan Bapak Asep, kami segara terjunkan tim ke lokasi pada kordinat 5°27’37.67” S - 104°37’47.66” E. Kami berangkat pukul 17.30 WIB dan tiba di lokasi pukul 17.55 WIB," katanya.

Setelah memberikan pertolongan pertama, korban segera dievakuasi dari dalam hutan dan dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis. 

Korban bisa berada di hutan Sinarlebak, kata Hery, lantaran korban sedang berusaha membuka track (jalur) untuk kegiatan off road. Sekitar pukul 15.40 WIB, korban berangkat menuju hutan Sinarlebak.

Saat korban di dalam hutan, mendadak turun hujan cukup deras. Sehingga membuat suhu udara dan cuaca menjadi dingin.

"Itu diperparah dengan kondisi tubuh korban yang sudah pasti kelelahan. Akibatnya, diduga awalnya korban mengalami hipotermia. Selain itu, korban juga mengeluhkan rasa nyeri di bagian dadanya. Sekarang korban sudah berada di rumah sakit dan dalam penanganan petugas medis RSUD Batin Mangunang," ungkap Hery.(glh/jal)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos