Rahmat Mirzani: Orangtua Garda terdepan Mencegah Kekerasan Terhadap Anak

img
Sekretaris LPA Lampung, Wahyu Widyatmiko saat memaparkan materi dalam sosper perlindungan anak oleh Ketua Fraksi Gerindra DPRD Lampung Rahmat Mirzani Djausal. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Orangtua menjadi garda terdepan dalam mencegah tindak kekerasan terhadap anak di bawah umur.

Hal itu dikatakan Ketua Fraksi Partai Gerindra Dewan perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Lampung Rahmat Mirzani Djausal saat sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) nomor 13 tahun 2017 tentang Perlindungan Anak di Kelurahan Kalibalok Kencana, Kecamatan Kedamaian Bandarlampung, Sabtu (24-2-2020).

"Tidak bisa dipungkiri bahwa belakangan ini tingkat kekerasan terhadap anak-anak dibawah umur semakin meningkat. Ini harus dicegah dan diminimalisir," kata Mirza kepada awak media, Senin (24-2).

“Pemerintah provinsi Lampung juga sangat serius menyikapai masalah ini. Karenanya dibuatlah Perda tentang perlindungan anak. Dan disosialisasikan kepada masyarakat,” jelasnya.

Namun, sambung Mirza, tidaklah mungkin perda tersebut dapat teralisasi secara maksimal, tanpa dukungan semua pihak, khususnya orang tua dan lingkungan keluarga.

"Disini kami membawa moto pencegahan dini, atas pelanggaran kekerasan yang terjadi. Tetapi tetap orang tua lah yang menjadi garda terdepan dalam mencegah tindak kekerasan terhadap anak di bawah umur,” jelasnya.

Sebab, kata Mirza, anak - anak merupakan generasi penerus bangsa yang harus dijaga dan dilindungi.

"Kemarin (saat sosper) telah kami sampaikan, ketika ada sejumlah kasus (kekerasan terhadap anak( jangan pernah sungkan dan ragu - ragu untuk mendatangi lembaga - lembaga terdekat yang membidangi, dan juga aparat hukum. Agar mendapat perlindungan," imbaunya.

Menurutnya, antisuas dan respon masyarakat setempat terhadap sosper tersebut sangat positif. Karena memberikan wawasan, khususnya kepada orang tua sebagai bagian utama dalam pencegahan dini kekerasan terhadap anak.

"Alhamdulillah, pada kesempatan yang mulia kemarin kita juga menghadirkan Sekretaris LPA Lampung, Wahyu Widyatmiko selaku narasumber. Disini, masyarakat bisa mengetahui dan menggali ilmu serta pengalaman yang dimiliki oleh Wahyu,” katanya.

Dengan sosper tersebut, Mirza berharap angka kekerasan terhadap anak bisa terminimalisir dan bahkan tidak ada sama sekali.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos