Kadinkes: 1.823 Orang Masih Dalam Pantauan

img
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung telah memantau 4.822 orang sejak 27 Januari hingga 14 Maret 2020.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinkes Lampung, Minggu (15-3-2020), dari total 4.822 orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 2.999 dinyatakan sehat. Sedangkan sisanya, 1.823 masih terus dipantau. 

Rinciannya: Bandarlampung 542 orang, Lampung Timur 398, Lampung Tengah 174, Lampung Selatan 134, Tanggamus 114, Pesisir Barat 106 dan Pringsewu 96.

Kemudian, di Pesawaran ada 63 orang, Metro 48, Tulangbawang 38, Tulangbawang Barat  26, Mesuji 16, Waykanan 34, Lampung Utara 34.

Sedangkan, pasien dalam pengawasan (PDP) di Lampung ada dua orang. Satu orang laki-laki (62) dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), dan satu lagi di RSU A Yani Metro.

Baca juga: Satu Warga Metro Diduga Terinfeksi Corona

Sementara, Kepala Dinkes Lampung Reihana mengatakan dua PDP yang dirawat masih menunggu hasil pemeriksaan laboratorium yang dikirimkan ke Jakarta.

Meski demikian, dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak panik dengan informasi-informasi terkait virus corona atau covid-19. 

"Saat ini kita mengimbau masyakat tidak panik. Kita semua berdoa semoga tidak ada pasien hasil konfirmasi positif corona di Lampung," ujar Reihana.

Dia menjelaskan ODP merupakan orang-orang yang ada kontak dari negara yang sudah terkonfirmasi covid-19, tetapi belum menunjukkan gejala-gejalanya.

"Lalu, untuk PDP adalah orang yang sudah menunjukkan gejala-gejala. Seperti demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan sesak nafas dan ada riwayat kontak dengan orang yang telah terkonfirmasi positif," jelasnya. 

Dia menerangkan pemantauan dilakukan oleh Tim Surveilance Dinkes Lampung, yang tersebar di 15 kabupaten/kota. (**)

Laporan/Editor: Agung DW





Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos