Sejumlah Tokoh Tubaba Surati Gubernur Lampung

img
Sodri Helmi. Foto. Solihin.

MOMENTUM, Panaragan--Sejumlah tokoh Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengirim surat kepada Gubernur Lampung agar digelar seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tubaba.

Pengiriman surat kepada gubernur itu terkait dengan adanya wacana memperpanjang masa jabatan Herwan Sahri sebagai Sekdakab Tubaba pada Agustus 2020.

Surat bertanggal 4 Juni 2020 itu ditantangani sejumlah tokoh pemekaran daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama, dan tokoh pemuda. Ditujukan kepada Gubernur Lampung sebagai perwakilan pemerintah pusat. Surat juga dikirim sebagai tembusan kepada Menteri Dalam Negeri, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Komisi ASN, Bupati Tubaba dan Komisi 1 DPRD Tubaba.

Mereka meminta Gubernur Lampung agar mendesak Bupati Tubaba melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan sekdakab atau Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Pratama setempat.

Praktisi hukum Sodri Helmi yang turut menandatangani surat tersebut, menyebutkan dasar pemikiran surat terbuka dan pernyataan sikap itu adalah UU ASN No. 5 Tahun 2014.

Menurut Sodri, surat terbuka itu bertujuan mendorong terselenggaranya manajemen ASN berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja secara adil dan wajar. 

Juga, tanpa membedakan latar belakang politik, RAS, warna kulit, agama, asal-usul, jenis kelamin, status penikahan, umum atau kondisi kecacatan. "Pengembangan karir ASN dilakukan dengan mempertimbangkan integritas dan moralitas," katanya.

Karena itu, setiap PNS yang memenuhi syarat mempunyai hak yang sama untuk dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi. "Itulah sesungguhnya makna dari jabatan karir," tutur Sodri pada Senin 8 Juni 2020 di Panaragan.

Para tokoh Tubaba, kata dia, melalui Gubernur Lampung  meminta Bupati Tubaba agar melaksanakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama sekretaris daerah kabupaten setempat. 

Sekaligus seleksi terbuka untuk kepala dinas/organisasi perangkat daerah (OPD) yang saat ini dilaksanakan pelaksana tugas (Plt). Seperti, Dinas Sosial, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perikanan.

"Seleksi terbuka diharapkan mendapatkan pejabat yang memiliki kualifikasi, kompetensi sesuai dengan kebutuhan instansi pemerintah. Sehingga dapat bersinergi melaksanakan visi dan misi pembangunan di Kabupaten Tubaba menjadi kabupaten yang berdaya saing, terdepan, optimis dan pasti maju (TOP)," ucapnya.

Menuju kabupaten yang berdaya saing sudah sepantasnya diwujudkan melalui seleksi terbuka untuk memiliki pejabat yang memiliki kompetensi. "Bukan karena daftar urut kedekatan," sindir Sodri Helmi sembari tersenyum. (*)

Laporan: Solihin.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos