Tingkatkan Pengetahuan Keluarga Penerima Bantuan Sosial

img
Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal. Foto. Asn.

MOMENTUM, Ngambur--Ketua TP-PKK Kabupaten Pesisir Barat Septi Istiqlal menghadiri pertemuan peningkatan kapasitas keluarga (P2K2) di Pekon/Desa Ulokmukti Kecamatan Ngambur, Rabu (17-6-2020).

Pada kesempatan itu, Septi mengatakan proses belajar harus dilakukan secara terstruktur untuk memperkuat perubahan perilaku terhadap keluarga penerima manfaat (KPM). 

"P2K2 bertujuan meningkatkan pengetahuan, pemahaman mengenai pentingnnya pendidikan, kesehatan dan pengelolaan keuangan bagi keluarga," katanya.

Pemenuhan kewajiban keluarga penerima bantuan sosial seperti PKH (program keluarga harapan), tidak semata didorong oleh bantuan tunai. Namun juga karena kesadaran manfaat pendidikan dan kesehatan bagi anak.

Karena itu, program ini harus bisa meningkatkan pengetahuan praktis mengenai kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, ekonomi, dan perlindungan anak. 

Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keluarga PKH mengenai kondisi, kebutuhan dan perawatan yang dibutuhkan lansia dan orang dengan disabilitas berat.

Membangun kesadaran peserta PKH terhadap pentingnya pemenuhan kewajiban dalam bidang kesehatan dan pendidikan dalam PKH.

Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait pendidikan dan pengasuhan, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak.

Menjaga dan memperkuat perubahan perilaku positif terkait perawatan dan pemeliharaan terhadap lansia dan orang dengan disabilitas berat.

Meningkatkan ketrampilan orang tua dalam bidang pendidikan dan pengasuhan anak, kesehatan, ekonomi dan perlindungan anak. 

Meningkatkan kemampuan peserta untuk mengenali potensi yang ada pada diri dan lingkungannya agar dapat digunakan dalam peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Sosial, Camat Ngambur, Perwakilan Bangkunat, peratin Ulokmukti, serta warga penerima manfaat. (*)

Laporan: Agung Sutrisno.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos