Oktober launching, KPB Sudah Diuji Coba

img
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kusnardi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kartu Petani Berjaya (KPB) yang merupakan salah satu program prioritas Gubernur Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Chusnunia akan diluncurkan (launching) pada Oktober mendatang.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Kusnardi mengatakan saat ini KPB sudah memasuki tahap implementasi atau uji coba.

"Karena ini programnya pak gubernur dan memang bagus untuk petani. Jadi kita terus bekerja untuk mewujudkannya. Mudah-mudahan sekitar Oktober 2020 sudah launching," jelas Kusnardi, Kamis (2-7-2020).

Meski demikian, untuk petani yang sudah mendaftar sudah bisa menikmati program yang ada dalam KPB. Seperti benih, pupuk, bibit dan bantuan permodalan.

Sehingga saat launching KPB, akan bersamaan dengan panen raya. "Jadi nanti kan panen yang hasil uji coba KPB. Jadi sekalian dilihat hasilnya bagaimana, sistemnya dan petaninya," tuturnya.

Walau begitu, dia menyebut sistem KPB terus dilakukan perbaikan. Karena masih banyak faktor yang perlu dievaluasi.

"Seperti jaringannya, makanya kita terus perbaiki. Petani juga kan belum semua bisa mendaftar, jadi nanti kita sesuaikan dengan sistem," sebutnya.

Diketahui, total petani yang sudah mendaftar saat ini mencapai 14 ribuan. Sedangkan untuk luas sawah diperkirakan 9 ribuan hektare. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos