Dari 5 Kabupaten, Baru Mesuji yang Mendapat Izin Belajar Tatap Muka

img
Kepala Disdikbud Lampung Sulpakar.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dari lima kabupaten yang berstatus zona hijau corona virus disease 2019 (covid-19), baru Mesuji yang sudah mendapat izin pelaksanaan belajar tatap muka. Kelima kabupaten zona hijau itu Mesuji, Waykanan, Tulangbawang, Tulangbawang Barat dan Pesawaran.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lampung Sulpakar menjelaskan Mesuji sudah mendapatkan izin untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar tatap muka.

"Sedangkan empat daerah lain sedang dalam persiapan. Kalaupun dalam waktu dekat ini tidak ada perubahan zona, mudah-mudahan tetap hijau," sebut Sulpakar, Selasa (14-7-2020).

Sedangkan untuk Waykanan, dia mengatakan sudah mengadakan rapat dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. "Dan (kegiatan belajar tatap muka) akan dimulai 10 Agustus untuk Waykanan. Jadi tidak ada kesamaan," tuturnya.

Kemudian untuk tiga kabupaten lainnya, Sulpakar menyebut perlu dilakukan evaluasi secara menyeluruh. Sehingga tidak menimbulkan adanya klaster penyebaran covid-19 yang baru.

"Covid-19 ini harus dibahas bersama, dan menyeluruh. Jangan sampai tergesa-gesa, melakukan tatap muka. Protokol kesehatan harus dilakukan secara ketat, pemerintah daerah juga harus menyetujui dan orangtua merestui anaknya," sebutnya.

Termasuk sarana dan prasarana penunjang di sekolah juga harus disiapkan secara menyeluruh. "Jika semua terpenuhi maka kita lakukan tatap muka," ujarnya.

Meski demikian, dia menyatakan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan dalam penyebaran covid-19, maka sekolah akan menutup kegiatan belajar mengajar tatap muka.

"Lalu melaporkannya ke pemerintah kabupaten untuk disampaikan ke provinsi melalui Disdikbud," tutupnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos