Pengeras Suara Tolak Politik Uang Meresahkan Warga Bandarlampung

img
Mobil Avanza dengan pengeras suara di atasnya yang diduga berplat bodong. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengeras suara tolak politik uang yang bertebaran di Kota Bandarlampung dianggap meresahkan warga.

Semula, pengeras suara terpasang di tiap perempatan (lampu merah). Memasuki masa kampaye, keberadaan pengeras suara semacam itu makin bertambah. Bahkan kini ada mobil dan motor Tossa yang juga menggunakan pengeras suara semacam itu.

Menurut Ketua Umum Gaspool Lampung, Miftahul Huda, pemasangan pengeras suara semacam itu tidak sesuai dengan peruntukannya.

“Harusnya kan yang mengkampanyekan tolak politik uang itu adalah Bawaslu. Kini aparatur pun ikut-ikutan. Ada linmas bawa motor Tosa dengan toaknya (pengeras suara) meneriakkan total politik uang,” kata Miftahul Huda, Selasa (6-10-2020).

Kata-kata yang disampaikan menurut dia memang benar. “Tapi kenapa harus dipasang di lampu merah. Ini kan tidak sesuai peruntukannya. Kadang rekan rekan ojek yang berhenti di lampu merah kaget dengan suaranya. Bising. Meresahkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dia mengungkapkan, belakangan Gaspool mendapati adanya mobil Avanza yang juga menggunakan pengeras suara semacam itu dalam mengkampanyekan tolak politik uang. Tapi, mobil tersebut diduga menggunakan plat nomor palsu alias plat bodong.

"Kami ada rekaman video dan foto-fotonya. Toyota Avanza hitam BE 1212 AL, kami cek di e-tilang lantas polri ternyata kendaraan terdata sebagai Mitsubishi Jenis Jeep Solar. Bukan Avanza,” bebernya.

Jika mobil itu terbukti bodong, menurut dia, itu melanggar Pasal 280 Undang-Undang LLAJ dengan ancaman pidana dua bulan dan denda Rp500 juta.

Karenanya, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat Gaspool Lampung akan melaporkan hal tersebut ke pihak kepolisian.

"Polisi harus menindak hal ini. Sekarang kami sedang siapkan laporannya. Tunggu saja tanggal mainnya," ucap Miftahul Huda.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos