Akhirnya Tim Gabungan Pemkot Metro Amankan Orgil yang Meresahkan

img
Aparat gabungan Pemkot Metro, akhirnya mengamankan orgil yang meresahkan warga

MOMENTUM, Metro--Tim gabungan: Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Satpol-PP Kota Metro, akhirnya mengamankan  orang gila (Orgil) yang meresahkan penggunanya jalan Jendral Sudirman. Tepatnya, dekat Jembatan Hitam-RS Mardiwaluyo, Kelurahan  Ganjarasri, Kecamatan Metro Barat.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kota Metro dr. Redo Akbar mengatakan, orgil tersebut sudah diamankan oleh tim gabungan.

"Tadi pagi sudah kami pantau, tapi Orgil itu nggak ada di lokasi. Baru sore, inid dia ada dilokasi dan langsung diamankan oleh tim gabungan," kata Redo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Erla Adriyanti, Kamis (22-10-2020).

Menurut dia, penanganan orgil bukan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dinkes, tapi juga instansi terkait lainya: dinas sosos dan satuan polisi pamong praja.

"Jadi jangan sampai ada istilah saling lembar tanggung jawab, karene ini tugas bersama: dinkes, dinsos dan Sat Pol PP," terangnya.

Baca juga: Ada Orgil Ngamuk di Metro

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Sosial Kota Metro Suwandi. Menurut dia, dinsos sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk penanganan Orgil tersebut.

"Tahun ini anggaran kami kena pangkas untuk covid-19. Tapi dalam masalah ini kami bekerjasama dengan Dinkes karena mereka  yang punya tenaga medis untuk penanganan orang gila," kata Suwandi.

Baca juga: OPD di Metro Saling Lempar

Dia juga menyebut, sebelum recofusing (pengalihan) anggaran, pihaknya hanya mengelola anggaran ke panti, bukan penanganan orgil supaya sembuh.

"Setelah sembuh, rehabilitasi sosial ada di dinsos, untuk mengembalikan fungsi sosialnya. Sekarang masih koordinasi dengan dinkes, mau dibagaimanakan Orgil ini. KKalau dibawa ke panti wajib minta persetujuan pihak keluarga, jika masih ada keluarganya," jelasnya.(**)

Laporan: Adipati Opie/Rio

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos