Mengabadikan Pesta Rakyat saat Pandemi

img
Pameran foto bertajuk Pilkada dalam Pandemi Covid-19 di MBK. Foto: acw

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia. Pesta rakyat di tahun itu, digelar saat merebaknya corona virus disease 2019 (covid-19).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandarlampung menangkap hal itu sebagai sesuatu yang layak untuk diabadikan. 

Melalui lomba dan pameran foto, KPU setempat menyajikan berbagai karya masyarakat yang dikemas dalam bingkai bertajuk Pilkada dalam Pandemi Covid-19.

Foto-foto yang mengabadikan gambar-gambar aktifitas tahapan Pilkada dengan penerapan protokoler keseshatan (prokes) pun dipamerkan, bertempat di Mol Bumi Kedaton (MBK), kota setempat, Senin (14-12).

Acara dilantai tiga MBK tersebut, dibuka langsung oleh Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI koordinator Wilayah Lampung, Viryan Aziz, sekira pukul 14.00 Wib.

Dia pun mengapresiasi KPU kota setempat yang telah mengabadikan momen langka tersebut.

"Kami apresiasi inisiatif teman-teman KPU dan Zoom (organisasi mahasiswa di bidang fotografi, red). Belum tentu dan kita berharap tidak adalagi pilkada di masa pandemi. Maka kegiatan ini menjadi dokumen penting, kalau sduah lewat tidak ada siaran ulangnya," kata Viryan.

Menurut Viryan, dokumentasi foto-foto yang dipamerkan mencermintakan realitas di lapangan ketika Pilkada berlangsung.

"Dokumentasi ini akan menjadi sejarah berharga. Penerapan prokes pada saat pemungutan suara," ucapnya.

Dia pun bersyukur, tingkat partisipasi pemilih Pilkada 2020 cukup tinggi. Masyarakat pun sangat disiplin dalam penerapan protokoler kesehatan.

"Pilkada ini mengkonfirmasi dua hal, opini bahwa masyarakat tidak disiplin terhadap prokes dan masyarakat tidak antusias ke TPS terbantahkan," ungkapnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra W






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos