Cegah Penyebaran Covid, PT KAI Optimalkan Pelayanan Online

img
Stasiun KA Tanjungkarang Kota Bandarlampung./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam rangka meminimalisasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoptimalkan pelayanan online untuk pembelian tiket.

Terhitung mulai Januari 2021, PT KAI Divre IV Tanjungkarang akan memberlakukan penjualan tiket langsung hanya di tiga stasiun besar wilayah Divre IV Tanjungkarang. PT KAI kembali melayani perjalanan KA Kuala Stabas tujuan Baturaja, Sumatera Selatan

Manager Humas Divisi Regional (Divre) IV PT KAI Tanjungkarang Jaka Jarkasih mengatakan, kebijakan baru ini berdasarkan nota dinas internal PT KAI nomor 1/KJ.210/X/D1/KA/2020.

"Kebijakan itu dibuat guna mencegah penularan covid-19. Bahwa di Divre IV Tanjungkarang mulai Januari 2021 sudah mulai memberlakukan pembelian tiket di tiga stasiun besar,” ujar Jaka, Rabu (16-12-2020).

Dia membeberkan, adapun tiga stasiun besar dimaksud yakni stasiun Tanjungkarang, stasiun Kotabumi dan stasiun Baturaja, Sumatera Selatan. 

Januari 2021, PT KAI juga memberlakukan kebijakan baru yakni penumpang diwajibkan membeli tiket secara online melalui aplikasi KAI Access guna mengoptimalisasi layanan penjualan tiket KA melalui online. Kemudian layanan penjualan tiket kereta api, customer service on station, dan announcer hanya tersedia di Stasiun Besar.

“Kami sudah lakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk pembelian tiket KAI ini, walaupun belum masyarakat yang belum mengerti tetapi harus dilakukan secara bertahap dan terus menerus,” tutur Jaka.

Jaka menjelaskan, sedangkan untuk stasiun lainnya hanya melayani penukaran tiket dan tidak lagi melayani pembelian tiket. 

“Pembelian tiket bisa digunakan melalui aplikasi KAI Access karena dapat mempermudah penumpang untuk bertransaksi pembelian, dan tidak perlu menukar tiket di stasiun cukup tunjukkan barcode tiket yang telah dibeli dan dibayar,” ungkapnya.

Lebih lanjut Jaka mengimbau kepada para penumpang untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan dengan mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos