Balita Penderita Tumor Retinoblastoma Butuh Bantuan

img
Muhammad Aditya Zainul Mutaqim balita penderita Tumor Retinoblastoma

MOMENTUM, Kedondong--Malang nian nasib Muhammad Aditya Zainul Mutaqim. Balita berusia 1,3 tahun, warga Desa Tebajawa, Kecamatan Kedondong, Kabupaten Pesawaran itu menderita penyakit tumor retinoblastoma. Akibatnya, bola mata putra pasangan  Aminudin (36) dan Ratnawati (36) itu, membengkak keluar dari kelopak matanya. 

Aminudin (36) ayah Aditya mengatakan, kelainan pada mata anakanya diketahu sejak usia sembilan bulan. 

"Kalau kata dokter, anak saya ini didiagnosa terkena penyakit tumor, namun kami baru mengetahuinya saat berusia sembilan bulan, karena adanya pembengkakan di bagian mata sebelah kanan," tutur Aminudin pada Harianmomentum.com, Selasa, (22-12-2020)

Menurut Aminuddin, berdasarakan keterangan dokter, putranya  sudah mengidap penyakit tumor sejak di dalam kandungan. Namun, dia tidak mengetahui itu, karena saat dilahirkan  Aditya dalam kondisi sehat dan norma.  Tidak ada benjolan pada matanaya.

"Selama ini kami berobat pakai BPJS Kesehatan. Baru satu kali   kemoterapi di Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek," kata Aminudin yang bekerja sebagai nelayan panci di sungai.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Harun Tri Joko mengatakan, pemkab telah memberikan bantuan berupa dana pendampingan selama anak tersebut menjalani perawatan.

"Bulan Oktober 2020 kita sudah memberikan dana pendampingan Rp1 juta, tahun depan kita pastikan orang tuanya akan mendapat bantuan lagi dana pendampingan dan mungkin ada bantuan lainnya juga," kata Harun.

Bagia anda yang ingin memberikan bantuan untuk pengobatan Aditiya, bisa menghubungi pihak keluarga atau melalui nomor telepon 0813 6685 6067 atas nama Vira Rezkika. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos