Optimalkan Fungsi PT, FP Unila Jalin Kerja Sama dengan Enam Mitra Kerja

img
Dekan Fakultas Pertanian Unila Irwan Sukri Banuwa serah terima cinderamata usai penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) dengan mitra kerja. Foto: Vino AW

MOMENTUM, Bandarlampung--Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) berkomitmen dalam kesepakatan kerja sama dengan enam mitra kerja guna mengoptimalkan fungsi perguruan tinggi (PT), Rabu (24-2-2021).

Dekan Fakultas Pertanian Unila Irwan Sukri Banuwa mengatakan, sinergi itu diwujudkan dalam bentuk penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) serta memorandum of understanding (MOU).

"Program ini memberikan keleluasaan pada mahasiswa FP Unila agar dapat belajar di berbagai tempat," kata Irwan, Rabu (24-2-2021).

Dia menerangkan kerja sama itu guna memberikan kesempatan kepada para mahasiswa FP Unila dalam melaksanakan tugas magang.


"Seperti pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) selama satu semester di enam mitra kerja kami tersebut. Otomatis, para mahasiswa mendapatkan bekal selama di lapangan," terangnya.

Selain itu, pelaksanaan magang tersebut juga dapat membantu mitra FP Unila dalam menjalankan aktivitas instansi terkait.

"Jadi, ada sinergi dan simbiosis mutualisme antara FP Unila dengan mitra kami dalam melaksanakan kerja sama," jelasnya.

Sedangkan, berlakunya kerja sama itu, setiap instansi berbeda-beda.

"Ada yang berlaku selama tiga tahun. Bahkan ada yang sampai lima tahun," ujarnya.

Untuk diketahui, komitmen yang telah disepakati FP Unila dengan enam mitra kerja itu yakni, penguatan fungsi pendidikan, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat guna mendukung upaya konservasi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Selanjutnya, penguatan fungsi PT dalam mendukung penyelenggaraan pelestarian alam dan konservasi keanekaragaman hayati melalui pendekatan ilmiah (Scientific Based) di Taman Nasional Way Kambas (TNWK).

Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung, FP Unila diharapkan dapat berperan dalam penguatan fungsi kawasan suaka alam dan kawasan pelestarian alam serta konservasi keanekaragaman hayati melalui kerja sama teknis serta penelitian dan pengembangan di Cagar Alam dan Cagar Alam Laut Kepulauan Krakatau dan Kawasan Pelestarian Alam Rawa Kandis Provinsi Lampung.

Kemudian, kesepakatan dengan Balai Pelatihan Pertanian Lampung guna peningkatan sumberdaya manusia dalam bidang pertanian melalui kegiatan pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

FP Unila dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Way Seputih Way Sekampung terlibat kerja sama praktek umum, magang, dan penelitian mahasiswa dalam pengembangan ilmu pengetahuan.

Pemantauan lahan dan keanekaragaman hayati pada program rehabilitasi lahan daerah aliran sungai di KPH Batutegi menjadi kesepakatan dan kerja sama antara FP Unila dengan PT Nestle Indonesia.(**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Nurjanah



Leave a Comment