Besok, PWI Lampung Gelar UKW Angkatan XXII

img
Suasana pelaksanaan kegiatan Pra-UKW di Balai Wartawan Solfian Ahmad.

MOMENTUM, Bandarlampung--PWI Provinsi Lampung akan meggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan XXII di Balai Wartawan Hi Solfian Ahmad Bandarlampung.

Dijadwalkan kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, Jumat (26-3-2021) dan Sabtu (27-3) mendatang.

Berdasarkan jumlah peserta, UKW angkatan XXII itu diikuti 30 orang yang didominasi wartawan peliputan di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Sehari menjelang pelaksanaan uji kompetensi, 30 wartawan mengikuti Pra-UKW di lantai II Balai Wartawan Hi Solfian Ahmad, Kamis (25-3-2021).

Kegiatan tersebut diisi tiga pemateri: Wakil Ketua BIdang Pendidikan PWI Lampung Wirahadikusuma, Kepala Sekolah Jurnalis Indonesia (SJI) setempat Andi S Panjaitan dan Seksi UKW PWI Lampung Munizar.

Ketua PWI Lampung Supriyadi Alfian mengatakan, sebenarnya untuk level peserta muda, meteri UKW semuanya terkait pekerjaan sehari-hari wartawan di lapangan, seperti: menulis berita, wawancara, merencanakan liputan dan lainnya.

"Kan yang diuji ini merupakan kegiatan sehari-hari sebagai wartawan. Artinya kalau semua itu memang biasa dikerjakan, saya yakin peserta bisa lulus," kata Bang Yadi —sapaan Supriyadi.

Sebaliknya, jika wartawan setiap harinya tidak pernah liputan dan membuat berita, dia memastikan, peserta UKW akan kesulitan mengerjakannya.

"Jadi ini tergantung kemampuan individu masing-masing. Kalau dia setiap hari hanya copy paste berita orang, pasti kesulitan. Bahkan bisa tidak kompeten," tegasnya.

Karena itu, Bang Yadi berharap, seluruh wartawan yang mengikuti UKW angkatan XXII bisa benar-benar serius dalam mengerjakannya.

"Karena syarat menjadi wartawan itu harus kompeten. Kalau dia kompeten baru bisa diakui sebagai wartawan," tegasnya.

Dewan Pers melalui PWI Pusat menugaskan lima orang penguji pada UKW Angkatan XXII  di lingkup PWI Lampung; Iskandar Zulkarnain, Cahyono, Oktap Riady, Nizwar dan Supriyadi Alfian. (**)

Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos