PWNU Dukung Salat Ied di Rumah

img
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Lampung mendukung keputusan bersama pemerintah daerah terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Wakil Ketua PWNU Lampung Juwendra Asdianyah mengatakan, dukungan itu diambil guna mencegah penyebaran corona virus disease 2019 (covid-19).

"Kita akan patuh terhadap keputusan bersama pemerintah terkait salat idul fitri di rumah," ujarnya saat diwawancarai, Selasa (27-4).

Baca juga: Gubernur, Bupati/Walikota dan Forkopimda Sepakat Salat Ied di Rumah

Dia menyebutkan, keputusan itu diambil melalui kajian dari berbagai sisi oleh pemerintah dengan melibatkan berbagai pihak terkait. "Jadi keputusan tersebut, niatnya demi kemaslahatan umat," sebutnya.

Menurut dia, Salat Idul Fitri hukumnya merupakan sunnah, dapat dilakukan berjamaah bersama keluarga di rumah.

"Jadi diutamakan yang wajib dahulu. Sedangkan, menjaga diri dan kesehatan serta nyawa, hukumnya merupakan wajib," jelasnya.

Karena itu, dia mengungkapkan, dalam kaidah fiqih disebutkan bahwa menghindari mudharat merupakan hal utama. 

"Jadi lebih baik kita mengejar kebaikan demi menghindari mudharat. Sehingga menjadi umat Islam yang baik," harapnya.

Diketahui, Pemerintah terus berupaya menekan angka kasus corona virus disease 2019 (covid-19). Khusunya di Provinsi Lampung.

Salah satunya dengan merancang keputusan bersama dalam pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah di Provinsi Lampung.

Keputusan bersama itu ditandatangani Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Forkopimda, bupati/walikota rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan, Ketua MUI dan Kepala Kanwil Kementerian Agama saat rapat koordinasi di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Pemprov, Senin (26-4-2021).

Dalam surat keputusan bersama itu, disepakati untuk pelaksanaan salat idul fitri mendatang dilaksanakan di rumah masing-masing.

Hal itu guna mengantisipasi penyebaran covid-19 dan mencegah terjadinya klaster atau kelompok penularan wabah tersebut. (**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos