Pengamat: 2021 Momentum Parpol Menghela Nafas

img
Pengamat politik yang juga akademisi dari Universitas Lampung (Unila) Toni Wijaya. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Pergerakan partai politik (parpol) usai perhelatan pemilihan kepala daerha (Pilkada) serentak tahu 2020 mereda.

Tahun 2021, menjadi momen peristirahatan atau menghela nafas bagi setiap partai yang ada, termasuk di Provinsi Lampung.

Pengamat politik yang juga akademisi dari Universitas Lampung (Unila) Toni Wijaya memperkirakan pergerakan parpol tidak akan banyak di tahun 2021.

Mereka hanya akan mengerjakan rutinitas kepartaian dalam hal-hal formal saja. Sebab pemilihan umum (Pemilu) baru akan dijumpai tiga tahun mendatang (2024).

“Partai tetap bergerak, tapi konteks gerakannya paling hanya penguatan kader, sosialisasi dan hal-hal yang rutin dilakukan,” kata Toni saat diwawancarai harianmomentum.com, Selasa (4-5-2021).

Menurut Toni, partai politik sudah paham betul untuk menghadapi pemilu. Karenanya, mereka tidak perlu waktu yang terlalu lama untuk menggenjot pergerakan parpol untuk bisa menang Pemilu.

“Konteks reformasi (melalui Pemilu) inikan sudah berlangsung selama lebih-kurang 20 tahun. Karena rutin (setiap lima tahunan), maka setiap parpol punya polanya tersendiri,” jelasnya.

Meski demikian, Toni tak menapik bahwa setiap partai akan mempersiapkan diri jauh hari sebelum pesta rakyat dimulai. “Tapi kalau di 2021 ini sepertinya jadi momen menghela nafas,” ujarnya.

Sebab, sambung Toni, pergerakan parpol dalam menggenjot keorganisasian, khususnya konteks sosialisasi ke masyarakat tentu butuh amunisi yang tidak sedikit.

“Di Lampung inikan tergantung calon. Partai itukan tidak punya uang. Anggotanya yang punya uang, dan mereka juga yang punya jaringan. Maka untuk sekarang paling hanya penguatan internal saja. Belum ke arah persiapan Pemilu 2024,” terangnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi



Leave a Comment