IMB Tawarkan Solusi Petani Makin Berjaya

img
Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung I Made Bagiasa (IMB) saat reses di dapilnya. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Menanam talas bening adalah solusi untuk lebih meningkatkan kesejahteraan para petani di Provinsi Lampung.

Talas bening, memiliki harga yang lebih mahal ketimbang singkong, dan beberapa hasil pertanian lainnya, yaitu Rp1.350 per Kologram. Selain itu, daun dan batang talas bening bisa dijual. Penampungnya pun sudah siap.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung I Made Bagiasa (IMB) saat diwawancarai harianmomentum.com, Senin (5-10-2021).

Made menjelaskan bahwa penanaman talas bening merupakan terobosan baru di bidang pertanian Lampung. Harapannya terwujud Petani Berjaya, sebagaimana jargon Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

“Ini yang menjadi arahan dan intruksi gubernur, untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui metode mengurangi ketergantungan pada satu komoditas pertanian ke arah petani yang kreatif dan inovatif sesuai perkembangan zaman,” kata Made Bagiasa.

Ajakan untuk menanam talas bening tersebut telah disosialisasikan Made ketika menggelar reses di daerah pemilihannya (Dapil) Kabupaten Lampung Tengah, sejak awal Mei 2021.

Dalam reses tersebut, Made Bagiasa juga melakukan evaluasi program bantuan yang sudah terealisasi di masyarakat.

Selain itu, Made juga menyampaian program Kartu Petani Berjaya (KPB) yang merupakan program unggulan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Turut hadir dalam reses tersebut: pemateri Dr I Wayan Mustika (Dosen Unila) sekaligus wakil ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Kampung. Selanjutnya kepala dusun, gapoktan, pengurus adat, tokoh masyarakat serta para petani.

Diketahui, Made Bagiasa melakukan reses pada tiga desa yang berada di Kecamatan Seputihbanyak, Kabupaten Lampung Tengah: Siswobangun SB 16, Kecamatan Seputihbanyak, Kampung SB 17 Timur, dan Dusun 5 SB 17.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos