Desa di Ulubelu jadi Lokasi Program Pendidikan Pemilih KPU

img
Rapat pleno KPU Lampung, membahas lokasi program pendidikan pemilih. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menggelar program pendidikan pemilih bertajuk desa peduli pemilihan umum (pemilu).

Komisioner KPU Lampung Antonius Cahyalana mengatakan, program tersebut menyasar desa yang partisipasinya rendah, rawan konflik, rawan pelanggara pemilu, dan rawaan bencana.

“Jadi di tingkat provinsi itu minimal dua sample (percontohan) desa, tapi bisa lebih dari itu,” kata Antonius pada harianmomentum.com, Selasa (18-5-2021).

KPU Provinsi Lampung telah menetapkan bahwa desa yang akan dijadikan percontohan lokasinya berada di Kecamatan Ulubelu, Kabupaten Tanggamus.

“Berdasarkan rapat, lokasinya di Kecamatan Ulubelu, Kabupatren Tanggamus. Salah satunya di Desa Sirnagalih,” jelas ketua divisi sosialisasi, pendidikan pemilih, partisipasi masyarakat itu.

Di desa setempat, sambung Antonius, KPU Lampung akan merekrut 25 kader. Nantinya mereka akan diberi pelatihan tentang demokrasi.

“Harapannya mereka itu nanti jadi semacam agen demokrasi di daerahnya. Agar mereka bisa berkontribusi bagi kemajuan demokrasi di desanya,” ucapnya.

Selain KPU Provinsi Lampung, nantinya jajaran mereka di kabupaten/kota pun diminta untuk membuat program serupa.

“Saat ini yang ada program baru provinsi, tapi nanti dalam rapat (pekan depan) kami juga minta KPU kabupaten/kota bisa membuat hal yang sama,” terangnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos