Pasar Talangpadang akan Dibangun Ulang

img
Salah satu sisi Pasar Talangpdang.

MOMENTUM, Talangpdang--Pasar Talangpadang, Kabupaten Tanggamus, akan dibangun ulang. Tempat penampungan sementara bagi pedagang mulai dipersiapkan.

Menurut Ismail, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Industri UKM dan Perdagangan Tanggamus, jadwal pembangunan ulang Pasar Talangpadang dilakukan sesuai kesepakatan dengan pedagang. 

"Kami sudah sepakat pembangunan dimulai setelah Idul Fitri. Semula rencananya awal tahun (2021) tapi para pedagang minta kesempatan setelah Idul Fitri agar mereka bisa berjualan," terang Ismail. 

Selanjutnya, untuk tahap awal akan dibangun tempat penampungan sementara bagi pedagang sekitar 300 unit. Sehingga saat pasar dibangun ulang mereka tetap bisa berjualan. 

"Jumlah tempat sementara 300an unit. Jumlah itu sudah lebih banyak dari jumlah pedagang di Pasar Talangpadang. Selama ini juga banyak kios yang tutup," terang Ismail kepada Harianmomentum. Senin (24-5-2021).

Tempat penampungan dibangun di dua ruas jalan samping kanan dan kiri pasar. Ukuran tempat penampungan dibuat sama untuk menampung ratusan pedagang.

"Nantinya tempat penampungan sementara kami utamakan dulu pemilik toko, lalu penyewa toko, dan sisanya baru pedagang baru yang mau berjualan di tempat sementara," jelas Ismail.

Masa pembangunan tempat penampungan sementara selama dua pekan. Dimulai awal pekan lalu. Modelnya berupa hamparan beratap dan memanjang dan berdiri di atas jalan.

"Kami belum menargetkan kapan pedagang pindah ke tempat penampungan sementara. Sebab saat ini baru mulai dibuatkan tempatnya dulu. Jika selesai barulah para pedagang pindah," terang Ismail.

Selanjutnya terkait kekhawatiran timbul kemacetan, akibat adanya tempat penampungan sementara, nantinya dilarang ada kendaraan parkir. Dan masing-masing jalan itu pun satu arah. (*)

Laporan: galih/asdijal.

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos