Warga Tangkap Buaya Ukuran Dua Meter di Pantai Harapan

img
Buaya berukuran kurang lebih dua meter yang diamankan warga Tanggamus.

MOMENTUM, Kotaagung Barat--Warga Pekon/Desa Waygelang menangkap buaya berukuran dua meter di Pantai Harapan Kecamatan Kotaagung Barat, Kabupaten Tanggamus.

Peristiwa penangkapan buaya tersebut terjadi pada Minggu malam (13-6-2021) sekira pukul sekitar 19.00 WIB.

Warga yang membuka usaha keramba ikan sering melihat kemunculan buaya tersebut di muara pantai.

Warga sekitar, Galih mengatakan ada tiga ekor buaya yang sering mencul di sekitar muara Pekon Waygelang.

"Pada (11-6) kemarin, keramba milik Johan dan Suhaimi diketahui telah dirusak oleh buaya muara yang sering muncul di sekitar Pantai Waygelang sehingga ikan yang ada didalamnya habis dimakan buaya muara tersebut," ujarnya.

Kepala Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Tanggamus, Haurudin mengatakan, sekuriti melihat jaring keramba milik sekolah ditarik oleh buaya tersebut. Kemudian, sekuriti sekolah langsung mendekat dan melaporkan kejadian tersebut.

"Dari laporan itu, saya bersama warga sekitar langsung memburu buaya berukuran dua meter dan berhasil ditangkap dengan cara diikat tali tambang," ujar Haurudin.

Lanjut Haurudin, pihaknya langsung melaporkan kejadian tersebut kepada anggota TNI yang sedang piket di Koramil 424-03/Kotaagung. 

Kemudian, anggota TNI beserta dua anggota lainnya, serta satu anggota TNI AL juga anggota Polsek Kotaagung langsung menuju ke lokasi. "Setelah berkoordinasi dengan pihak BKSDA Provinsi Lampung, kami lantas menindaklanjuti penangkapan buaya tersebut," ungkap Kepala SUPMN itu.

Sambil menunggu petugas BKSDA Lampung tiba di lokasi, pihaknya bersama warga dan petugas TNI-Polri mengamankan buaya tersebut di Fire Ground SUPM guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.(**)

Laporan: Galih

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos