"PRAKARSA" Rekam Jejak Enam Seniman Muda Lampung Siap Diluncurkan

img
Buku 'Prakarsa'.

MOMENTUM, Bandarlampung--Komunitas seni DianArza Arts Laboratory (DAAL) bakal  meluncurkan buku bertajuk "Prakarsa" pada awal Juli 2021.

Founder DAAL, Dian Anggraini menuturkan, buku "Prakarsa" merupakan salah satu hasil program literasi DAAL yang berisikan proses kreatif dan pengalaman berkarya enam seniman muda yang beraktifitas di Provinsi Lampung.

Dijelaskannya, keenam penulis buku ini yaitu Agung Hero Hernanda (musisi), Dian Anggraini (koreografer), Elkana Arlen Riswan (peracik kopi), Hasabi Readi Hadiyan (designer), Lora Gustia Ningsih (penari), serta M Rizky (penari).

Dian menandaskan bahwa,  buku  bertajuk 'Prakarsa' ini merupakan  murni kerja  nonprofit dan menjadi salah satu upaya DAAL untuk membantu pemerintah dalam hal dokumentasi dan literasi. “Buku ini sebenarnya sangat terbuka untuk seluruh seniman yang ada di Lampung namun hingga tenggat akhir, hanya enam seniman yang menyerahkan draft dan diskusi secara kontinyu. Proses persiapannya mulai dari wawancara, penulisan, editing hingga finalisasi berlangsung lebih dari enam bulan," ujarnya.

Buku "Prakarsa" ini akan dicetak secara terbatas dengan jumlah ketebelan sebanyak 127 halaman serta akan didaftarkan untuk mendapatkan ISBN (International Standard Book Number) sebagai bentuk identifikasi unik publikasi yang diperuntukkan bagi buku yang diterbitkan oleh penerbit.

Dosen UIN Raden Inten itu berharap agar buku 'Prakarsa' bisa menginspirasi, menyemai semangat serta keinginan seniman lainnya supaya terus berkarya tanpa lelah sekaligus menjadikan buku tersebut warisan yang layak dibagikan kepada generasi selanjutnya.

"Kelak kita berharap akan muncul beragam buku terkait kerja-kerja kreatif dari seniman maupun komunitas lainnya sehingga bisa menjadi catatan sejarah yang sahih. DAAL melakukan ini sebagai tanda hormat terhadap kerja kreatif para seniman Lampung," tegasnya mengunci perbincangan.(**)

Laporan/Editor: Nurjanah/rilis






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos