Nakes di RSUD Pesawaran Mulai Divaksin Dosis Ketiga

img
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Gedongtataan--vaksin Moderna dinilai memberikan evektifitas hingga 86 persen untuk menangkal paparan covid-19.

Demikian disampaikan oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Pesawaran Yasmin saat meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis ketiga untuk para tenaga kesehatan di RSUD setempat, Senin (23-8-2021).

"Nakes merupakan kelompok yang sangat rentan penularan covid-19. Karena itu, diperlukan vaksinasi dosis ketiga. Untuk dosis ketiga ini, kita gunakan vaksini jenis moderna yang efektifitanya mencapai 86 persen untuk melawan paparan covid-19," kata Yasmin.

Jumlah nakes di RSUD Pesawaran yang harus menjalani vaksinasi dosis ketiga mencapai dua ratus orang.

"Jumlah nakes kita ini kan kurang lebih dua ratus orang. Nah, setiap hari kita bagi 30 nakes yang divaksin," tambahnya.

Pembatasan jumlah nakes yang divaksin setiap hari itu, bertujuan agar pelayanan kesehatan masyarakat di RSUD tetap berjalan dengan baik.

"Efek samping vaksin moderna ini, bisa pegel-pegel kemudian demam, lalu nyeri kepala. Karena itu, kita membagi dan membatasi jumlah nakes yang divaksin setiap hari, agar tidak mengganggu pelayanan kesehatan masyarakat di RSUD," terangnya.

Dia berharap, dengan vaksinasi dosis ketiga itu, tidak terjadi lagi kasus nakes yang terpapar covid-19 yang bisa mengganggu sistem pelayanan kesehatan masyarakat.

"Pemerintah sudah berusaha memberikan yang maksimal untuk para nakes, karena mereka adalah garda terdepan penanganan covid-19. Semoga dengan vaksin dosis ketiga ini, tidak ada lagi nakes yang terpapar covid-19," harapnya.

Trio Pranoto, salah satu nakes yang menjalani vaksinasi dosis ketiga itu mengaku mengalami gejala atau efek samping pasca disuntik vaksin moderna.

"Kalau kata petugasnya sih, efek samping dirasakan satu hari setelah divaksin, seperti demam, nyeri kepala dan pegal-pegal di badan. Tapi gak papalah yang menting nakes sehat dan terhindar dari paparan covid-19," harapnya. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos