Jembatan Way Gebang Terancam Ambrol

img
Kondisi jembatan Way Gebang, di Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran

MOMENTUM, Telukpandan--Jembatan Way Gebang di Desa Gebang, Kecamatan Telukpandan, Kabupaten Pesawaran, terancam roboh. Tebing tanah disisi jembatan tersebut, ambrol tergurus arus sungai yang meluap.

Camat Telukpandan Zulkifli Nuh mengatakan, curah hujan yang tinggi menjadi pemicu ambrolnya  tebing tanah disisi jembatan tersebut.

"Hujan yang turun semalaman dengan intesitas sedang, memicu luapan air di Sungai Gebang ini, akibatnya  tebing tanah disisi jebatan tergerus," kata Zulkifli, Rabu (1-9-2021).

Meski demikian, jembatan masih bisa dilintasi mobil dan sepeda motor.

"Kalau mobil kecil dan motor masih bisa melintas. Namun, khawatirnya ketika hujan deras datang lagi lubangnya semakin besar dan berakibat terputusnya akses jalan menuju kawasan pesisir," ungkapnya.

"Masyarakat juga tadi sudah memberi rambu-ramu dengan bambu silang sebagai tanda hati-hati, demi keselamatan pengguna jalan yang menuju ke lokasi wisata di kawasan pesisir," terangnya.

Dia menyebut, segera melaporkan masalah tersebut ke dinas terkait, sehingga  bisa dilakukan penanganan secepatnya.

"Salah satu faktor penyebab meluapnya aliran sungai tersebut karena banyaknya sampah daun dan ranting pohon dan batang bambu," ungkapnya.

Karena itu, dia mengimbau warga tidak membuang sampah sembarangan ke sungai. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos