Wartawan Masa Kini Harus Kuasai Teknologi

img
Wira Hadikusuma saat memberikan dasar jurnalistik bagi wartawan PWI Pesawaran

MOMENTUM, Telukpandan--Mengikuti perkembangan media yang terus berkembang, wartawan harus menguasai teknologi dalam menunjang kerja jurnalistik agar menghasilkan karya yang baik dan menarik pembaca. 

Demikian disampaikan Wakil Ketua Bidang Pendidikan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, Wira Hadikusuma saat memberikan materi dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Jurnalistik bagi Wartawan PWI Pesawaran di Rumah Apung Wisata Mangrove, Petengoran, Telukpandan, Jumat (3-9-2021).

"Wartawan kekinian dituntut menguasai berbagai teknik mengolah dan menghasilkan karya jurnalistik yang menarik bagi pembaca," kata Wira.

Karenanya, wartawan harus memiliki kemampuan untuk menguasai berbagai teknik untuk menghasilkan berita yang memiliki kualitas. Kemampuan itu misalnya, membuat video, menguasai teknik fotografi serta menulis narasi berita.

"Kenapa wartawan harus menguasi itu semua, sebab di era yabg serba digital, kita harus merangkap semua fungsi media massa, baik elektronik, cetak maupun video," jelasnya.

Menurut Wira, persaingan industri media harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas wartawan agar dapat bersaing di era digital dengan pemanfaatan media sosial.

"Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan pembaca media online. Tentunya harus taat kaidah jurnalistik agar tidak menjadi polemik dan dapat dipertanggung jawabkan sesuai kaidah jurnalistik," ungkapnya.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos