Optimalkan Realisasi PAD, Pemkot Metro Gandeng Bank Lampung

img
Walikota Metro Wahdi Sirajuddin

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro mulai memperluas pemanfaatan tapping box (alat perekam transaksi pajak), untuk mengoptimalkan realisasi pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak.

Perluasan pemanfaatan tapping box dilakukan bekerjasama dengan Bank Lampung. Kerjasama tersebut ditungakan dalam momerandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerjasama. Penandatanganan naskah kerjasama tersebut dilakukan Walikota Metro Wahdi Sirajuddin dan Direktur Utama Bank Lampung Persley Hutabarat, di aula kantor pemkot setempat,Senin (2-9-2021).

"Mou dengan Bank Lampung ini berisikan tentang pemanfaatan tapping box dalam rangka optimalisasi penerimaan daerah.  Pemasangan tapping box, bekerjasama dengan Bank Lampung ini akan dilakukan di sejumlah restoran dan hotel,” kata Wahdi.

Direktur Utama Bank Lampung Persley Hutabarat menjelaskan, dalam kerjasama tersebut pihaknya akan melakukan pengelolaan tapping box di sejumlah restoran dan hotel. " Nanti lokasi pemasanganya diarahkan oleh   

yang berfungsi untuk mengetahui pembayaran yang dilakukan oleh para wajib pajak seperti restoran, warung atau hotel yang akan diarahkan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Metro," terangnya.

Tahun ini, ditargetkan 75 unit tapping box terpasang pada sejumlah hotel dan restoran di Kota Metro.

Pada kesempatan tersebut, Pemkot Metro juga menandatangani kesepakatan kerja sama dengan Sekolah Tinggu Ilmu Pertanian (STIPER) Dharma Wacana dan Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

Kerjasama dengan STIPER Dharma Wacana Kota Metro dilakukan dalam bidang  penelitian, pengabdian, dan pengembangan pertanian. Sedangkan dengan ITERA kerjasama  pada bidang pengembangan dan penataaan kawasan, infrastruktur dan luas wilayah. (**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos