Lampung Terima APE 2020

img
Penyerahan penghargaan APE 2020 di Mahan Agung

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung meraih Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Penyerahan anugerah tersebut berlangsung secara virtual yang diterima Gubernur Arinal Djunaidi di Mahan Agung, Rabu (13-10-2021).

Penghargaan tersebut dikarenakan Lampung dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG).

Gubernur menyebutkan, pemprov terus berkomitmen dalam pengimplementasian PUG. Bahkan, sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) merupakan perempuan.

"Harapannya kedepan kita bisa meraih kategori mentor. Insya Allah tahun depan," kata Arinal saat diwawancarai.

Sementara, Kepala Dinas PPPA Lampung Fitrianita Damhuri mengatakan, penilaian APE dilaksanakan sejak awal tahun 2020.

Menurut dia, ada beberapa faktor dalam penilaian APE. Seperti sisi perencanaan, penganggaran, evaluasi, termasuk proses Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). 

Dia pun mendorong, semua sektor melakukan Gender Analysis Pathway (GAP) untuk mengetahui apakah terdapat kesenjangan terhadap gender. 

"Seperti dari sisi tenaga kerja atau mereka yang sedang mencari pekerjaan, sehingga pada saat peningkatan kapasitas kompetensi tenaga kerja, harus dipertimbangkan juga bagaimana perempuan dan laki-laki, jangan sampai ada ketimpangan," sebutnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos