Peringatan Maulid Nabi, Kasi PAPKI Tanggamus Sampaikan Dua Momentum

img
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Ponpes Al-Mursyid.

MOMENTUM, Tanggamus--Memenuhi Undangan Pondok Pesantren Modern Al-Mursyid, Kasi PAPKI, Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus, Muhamad Hasan Basri, S.Ag., M.Pd. mewakili Kepala Kantor, menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2021 di Pondok Pesantren Al-Mursyid.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 3 November 2021 itu, Kasi PAPKI menyampaikan dua momentum pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Peringatan Maulid Nabi ini memiliki dua momentum penting: pertama, momentum untuk mengenalkan Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam, terutama di kalangan santri dan pelajar muslim sebagai generasi muda penerus peradaban Islam. Sedangkan kedua, bagi umat muslim yang relatif sudah mengenal sosok Nabi Muhammad SAW adalah momentum intropeksi kecintaan kita kepada Nabi," katanya, di Desa Waylalaan Kecamatan Kotaagung Timur. 

Dia menyebutkkan, umat Islam harus menginstrofeksi dan mengevaluasi kembali sejauh mana kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW yang dibuktikan dengan mengikuti semua syariat yang dibawanya dan menjadikannya sebagai idola dan teladan kehidupan sehari-hari.

“Mempelajari kehidupan Nabi Muhammad SAW. tidak akan pernah ada habisnya. Selalu ada pelajaran, hikmah, dan keteladanan yang dihadirkan. Mulai bangun tidur hingga mau tidur lagi, mulai pagi-siang-malam selalu ada yang contoh yang baik. Perilaku keseharian, spiritual, moral, sosial, semuanya bisa menjadi pedoman bagi kehidupan manusia,” urainya. 

Pendiri sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren Modern Al-Mursyid, Ustaz Usman Mursyid, S.Ag. menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Tahun 2021 ini mengambil tema “Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an Agar Tumbuh Jiwa Qur’ani.” 

“Tema ini dimaksudkan agar kita semua, umat Islam umumnya dan para santri Pondok Pesantren Modern Al-Mursyid khususnya dapat meneladani Nabi Muhammad SAW. dengan menjalankan ajaran atau sunnah beliau, salah satunya, sunnah membaca Al-Qur’an yang merupakan pedoman hidup Umat Islam. Dengan rajin membaca Al-Qur’an diharapkan tumbuh kecintaan terhadap Al-Qur’an dan motivasi untuk mengamalkan isinya,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Agung Basori, M.Pd., menyampaikan tentang pentingnya pendidikan karakter sebagai upaya membentuk generasi muda Islam yang memiliki akhlaqul karimah. "Akhlaq yang baik akan dapat membentengi generasi muda dari pengaruh-pengaruh negatif yang ditimbulkan oleh kemajuan teknologi dan informasi," terangnya.

Di akhir kegiatan Maulid Nabi, Pondok Pesantren Al-Mursyid menampilkan pertunjukan yang menyuguhkan kebolehan para santri. Beberapa pertunjukan yang di tampilkan di antaranya: pembacaan dan hafalan ayat Al-Qur’an, ceramah agama, pembacacaan sholawat, pidato Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. (**)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos