Kader PDIP Diminta Fokus Rawat Lingkungan

img
Upacara peringatan HUT ke-49 PDIP di Bandarlampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Seluruh kader PDIP yang ada di 15 kabupaten/kota se Provinsi Lampung diminta untuk fokus merawat dan melestarikan lingkungan.

Hal tersebut ditegaskan Ketua DPD PDIP Lampung Sudin kepada wartawan usai upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan HUT ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Senin (10-1-2022).

Sudin mengatakan, hal ini juga merupakan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk menjaga lingkungan, sebab ini yang paling penting.

"Saya sampaikan tadi lingkungan kita itu sudah sangat rusak sekali, hutan banyak yang gundul, kemudian pencemaran lingkungan. Yang ini kita minta seluruh kader untuk penanaman pohon, bersih sungai, bersih laut dan segala macam, termasuk turun ke masyarakat semuanya," ujar Sudin.

Meskipun semua wilayah menjadi prioritas, terlebih lanjutnya, kebetulan ia juga berada di Komisi 4 DPR RI yang menangani lingkungan hidup dan kehutanan.

"Jadi nanti kita tinggal berbicara dengan kepala balai untuk minta bibit-bibitnya, dan itu pasti saya kerahkan semuanya baik kota maupun kabupaten," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut Sudin juga mengajak seluruh kader PDIP serta masyarakat Lampung untuk fokus merawat dan melestarikan sungai dan laut. 

"Ekosistem dan lingkungan kita sudah rusak, kita harus jaga dan rawat agar anak cucu kita dapat menikmatinya kelak," tutur Sudin di Lapangan Kantor DPD PDIP Lampung.

Menurut dia, bencana alam seperti banjir dan tanah longsor merupakan ulah manusia. Sebab, lanjut dia, hal tersebut jarang terjadi pada beberapa dekade ke belakang. 

"Bencana alam yang hari ini ada, semua itu ulah manusia. Maka dari itu kita harus melakukan penghijauan hutan maupun bibir pantai," bebernya.

Namun demikian, kata Sudin, semangat menjaga lingkungan ini bukan hanya menjadi tugas PDIP tapi juga seluruh anak bangsa harus ikut menjalankan.

"Kita harus tetap bersama membangun Indonesia walaupun dalam keadaan pandemi covid-19, karena saya beberapa kali bertanya dengan pakar mustahil dalam waktu cepat covid-19 selesai. Apalagi kan mutasi-mutasi nya berlangsung terus nih, dari delta, omicron, nanti ada lagi nih yang lainnya," ungkap dia.

Sudin melanjutkan, untuk itu sebagai kader PDIP juga wajib memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa covid-19 ini bahayanya memang ada.

Sementara kader PDIP Budi Condrowati mengaku siap melaksanakan tugas tersebut dengan mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

"Kita sebagai kader partai siap melaksanakan apa yang telah diperintahkan ketua, untuk ikut serta menjaga dan melestarikan lingkungan khususnya di sekitar kita. Karena ini sudah menjadi program  partai juga," tegas anggota fraksi PDIP DPRD Lampung ini.  (*).

Laporan: Ira.

Editor: M Furqon. 


Editor: Munizar


Leave a Comment