Cegah Omicron, Waykanan Siap Bersinergi dengan Pemprov

img
Bupati Waykanan Raden Adipati Surya melaporkan perkembangan kasus covid-19, pada rapat dengan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Blambanganumpu--Pemerintah Kabupaten Waykanan siap memperkuat sinergi dan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Lampung dalam mengoptimalkan upaya pencegahan penularan dan penanganan covid-19 varian omicron.

Kesiapan tersebut disampaikan Bupati Waykanan Raden Adipati Surya usai Rapat Pananganan Covid-19 Varian Omicran dan Pelaksanaan Program Kartu Berjaya (KPB) Tahun 2022. Rapat yang dipimpin Gubernur Arinal Djunaidi itu berlangsung di Mahan Agung (Rumah Dinas Gubernur Lampung), Senin 14 Februari 2022.

Menurut bupati, Sesuai arahan gubernur Pemkab Waykanan segera melakukan upaya optimalisasi pencegahan penularan covid-19, antara lain dengan: mengaktifkan Posko Covid-19 sampai tingkat desa. 

Kemudian mempercepat target pencapaian Vaksinasi dosis pertama, kedua dan ketiga atau booster.

"Gubernur juga menginstruksikan segera menerapkan  Aplikasi Pedulilindungi pada area publik, perkantoran, sekolah dan lain-lain," kata bupati.

Selanjutnya, untuk masyarakat yang mengajukan izin menggelar acara keagamaan atau kegiatan lainya wajib memenuhi syarat cakupan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap.

Pada kesempatan itu, bupati juga menyampaikan laporan terkait perkembangan kasus positif covid-19 di Kabupaten Waykanan. Menurut bupati, hingga 14 Februari 2022  jumlah kasus positif covid-19 di Waykanan mencapai 1030 orang atau bertambah 18 orang. 

Dari jumlah tersebut, 806 orang selesai menjalani isolasi dan dinyatakan sembuh. Sedangkan korban meninggal dunia mencapai 68 orang.

"Saat ini beberapa pasien positif covid-19 mejalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daarah (RSUD) Zainal Abidin Pagar Alam dan  RSH Kamino Kecamatan Baradatu. Selain itu juga ada warga Waykanan yang positif covid-19 dan sedang di rawat di luar kabupaten," ungkapnya.

Sejak pekan ketiga bulan Januari 2022 sampai dengan tanggal 12 Februari 2022, tren kenaikan kasus positif covid-19 di Lampung mencapai 2.761 orang yang tersebar di 15 kabupaten/kota dan kasus kematian mencapai 18 orang yang tersebar di delapan kabupaten/kota. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos