Anggaran Pemilu Tinggi, Parpol Sebut Wajar Ada Kenaikan di 2024

img
Ilustrasi-Pemilu 2024.

MOMENTUM, Bandarlampung--Sejumlah partai politik menyebut wajar adanya kenaikan anggaran penyelenggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Peningkatan itu disebabkan adanya penambahan jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di kabupaten/kota, pengadaan alat protokol kesehatan (prokes) pencegahan covid-19, serta kenaikan honor penyelenggara adchoc PPK, PPS, dan KPPS.

Menyikapi itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Gelora Lampung Samsani Sudrajat mengatakan, kenaikan anggaran tersebut merupakan hal wajar. Namun, dengan syarat digunakan untuk peningkatan kualitas dan keselamatan penyelenggara.

"Harus memperhatikan keselamatan penyelenggara dan masyarakat, dalam kondisi pandemi ini," ujar Samsani saat dihubungi, Rabu (23-2-2022).

Samsani menuturkan, rencana penambahan jumlah TPS sebesar 25-30% juga masih dalam perhitungan yang wajar. Untuk itu, pihaknya mendukung langkah yang diambil oleh KPU tersebut.

Ketua Badan Komunikasi Strategis Daerah (Bakomstrada) DPD Demokrat Lampung Deni Ribowo menambahkan, peningkatan jumlah TPS diyakini bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

"Orang bisa malas kalau pemilih menumpuk, apalagi bagi yang memiliki jarak cukup jauh dengan TPS," kata Deni.

Menurut Deni, penambahan jumlah TPS akan mengakibatkan jumlah pemilih di satu TPS sebelumnya berkurang. Untuk itu, pelayanan terhadap pemilih harus lebih baik dan pelaksanaan bisa lebih cepat.

Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Lampung ini melanjutkan, anggaran KPU lebih banyak terserap untuk biaya operasional, terutama honor penyelenggara. Sehingga menurut dia, peningkatan anggaran untuk Pemilu 2024 mendatang masih dinilai wajar.

Sebelumnya, KPU RI masih menunggu pemerintah bersama stakeholder terkait besaran anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

KPU RI mengajukan kebutuhan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sebesar Rp76 triliun dari angka yang sebelumnya diajukan yakni Rp86,2 triliun. Angka tersebut jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Pemilu tahun 2019 yang menghabiskan anggaran sebesar Rp25,9 triliun.

Sementara, anggaran untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024 Lampung juga diperkirakan melebihi tahun 2018 yang ditetapkan Rp267,9 miliar.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos