KPU Tetapkan DPB Waykanan 320.522 Jiwa

img
Serah terima hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan trimulan I Maret 2022 di Kabupaten Waykanan.

MOMENTUM, Waykanan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Waykanan menetapkan data pemilih berkelanjutan (DPB) triwulan I Maret 2022 sebanyak 320.522 jiwa. Daftar pemilih sementara itu tersebar pada 991 Tempat Pemungutan Suara (TPS), 227 desa/kelurahan di 15 kecamatan se Kabupaten Waykanan.

Penetapan dilaksanakan dalam Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di Aula KPU Waykanan, Rabu (30-3-2022)

Ketua KPU Waykanan, Refki Dharmawan mengatakan, PDPB merupakan agenda rutin bulanan Divisi Perencanaan Data dan Informasi.

Sesuai amanah UU nomor 6 Tahun 2021, kata dia, KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan setiap bulan. "KPU RI juga telah menyediakan aplikasi cek data pemilih apakah namanya sudah terdaftar sebagai DPT melalui aplikasi berbasis android "Lindungihakmu" ini adalah bentuk dan upaya untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan cek data pemilih secara mandiri," kata dia.

Refki Juga Menambahkan PDPB ini juga bertujuan untuk menyediakan  data dan informasi pemilih secara komprehensif, akurat, dan mutakhir pada Pemilu dan/atau Pemilihan tahun 2024 nantinya.

Kadiv Perencanaan Data & Informasi I Gede mengatakan pemutakhiran data bulan ini adalah hasil dari ikhtiar pimpinan KPU Waykanan yang gencar melakukan koordinasi dengan pihak terkait dengan melakukan sinergi dengan instansi terkait untuk mendata pemilih pemula dan perekaman E-KTP ke SMA yang ada di kabupaten setempat.

Anggota Bawaslu Waykanan, Sukindra mengapresiasi, kinerja KPU Waykanan dalam melakukan updata data pemilih dengan turun ke lapangan mencari informasi penduduk baru dan pemula. Dia berharapa pemilih pemula yang sudah melakukan perekaman E-KTP mendapat hak pilihnya.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Waykanan, Syahrul Munir menyampaikan telah melakukan perekaman E-KTP terhadap pemilih pemula di sekolah.

"Kami juga besinergi dengan KPU Waykanan untuk melakukan pendataan. Perlu diketahui Minggu lalu Disdukcapil dan KPU Waykanan telah melakukan pendataan dan perekaman E-KTP pemilih pemula di SMA 2 dan SMA 3 Blambangan Umpu," kata dia. Syahrul juga berharap program tersebut tetap berkelanjutan.

Anggota DPRD Waykanan, Syairul Sidiq mengatakan optimis dengan pola kerja KPU Waykanan. "Kalau kinerjanya seperti ini, maka dapat memberikan data pemilih yang akurat dan akuntabel," ujarnya.

Syairul juga meminta kepada Disdukcapil untuk melakukan pendataan terhadap penduduk hutan hunian register yang ada di Kabupaten Waykanan.

Acara itu dihadiri Ketua KPU Waykanan Refki Dharmawan, Kadiv Perencanaan Data & Informasi I Gede Klipz, Doan Endedi, Tri Sudarto, Noprisyah Harianto dan Sekretaris KPU Waykanan M Arifin, Anggota Bawaslu Sukindra, Sekretaris Disdukcapil Syahrul, Pewakilan Polres, Kodim 0427, Camat Blambangan Umpu diwakili Kasi Pemerintahan Gajah Tera, dan perwakilan masing-masing parpol.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos