Selamat Jalan Paksu Joni

img
Tim tujuh: Joni Hartawan Jaya (tiga dari kanan)

MOMENTUM, Sukadana--Tim Tujuh. Begitu para pejabat Utama Polres Lampung Timur menyebut kami. Ya, kami tujuh wartawan dari tujuh media berbeda yang rutin melakukan peliputan di lingkup tugas kepolisian setempat.

Saat ini, anggota tim tujuh berkurang. Semalam saya mendapat kabar mengejutkan tentang Paksu Joni--sapaan akrab saya kepada Joni Hartawan Jaya. Wartawan senior yang menjadi anggota tim tujuh itu, berpulang kehariban Allah Subhanahu Watalla.

Sedikit cerita tentang Paksu Joni, sebelum tadi malam saya mendapat kabar duka itu dari salah satu rekan Wartawan di Kota Metro.

Setiap hari kami selalu berkumpul di Pemkab Lamtim. Ruang tunggu kantor  Asisten III dan ruang staf hhli bupati selalu menjadi tempat favorit kami berkumpul: ngobrol dan bercanda di sela waktu liputan.

Rabu 13 April 2022, seperti biasa kami berkumpul di ruang staf ahli. Sekitar pukul 11.00 WIB, Paksu Joni masuk ke ruang tempat kamu berkumpul. Seperti biasa dia menyapa kami dengan nanda candanya yang khas.

Namun, saya pribadi merasakan ada yang beda sikap Paksu saat itu. Dia seperti gelisah, mondar-mandir di ruangan dan selalu bilang saya mau pulang ya. 

Saat dia ke luar ruangan, saya sempat menyusul dan mencandai paksu. Candaan saya dibalasnya dengan senyum sambil berkata "Rie gua pulang ya,? "Nanti sih paksu, masih siang ini mah," jawab saya.

Namun sepertinya dia tetap memaksa untuk pulang. 

"Rie abang mau pulang," tegasnya namun tetap tersenyum. Sponta saya menjawab dengan nada bercanada. "Iya paksu, hati-hati jangan mampir-mampir,"

Malamnya, sekitar pukul 21.00 WIB, seorang rekan menyampaikan kabar duka kepada saya. Paksu benar-benar pulang keharibaan Allah Subahanahu Watalla.

Sempat tidak percaya dengan kabar itu. Saya coba pastikan lagi dengan kembali bertanya kepada kawan yang menyampaikan kabar tersebut. Jawab tegas, paksu sudah pulang untuk selamanya.

Innalillahi Wainna Illaihi Rojiun. Selamat jalan senior, selama jalan paksu.

Semoga Amal Ibadahmu diterima Allah Subhanahu Watalla. Saya bersaksi, pakus orang baik. Kami rindu candamu, nasehatmu. (**) 






Editor: Munizar





Berita Terkait

Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos