Puslitbang Polri Cek Kepercayaan Masyarakat di Pringsewu

img
Tim Puslitbang Polri mengunjungi Polres Pringsewu guna melakukan penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri tahun 2022.

MOMENTUM, Pringsewu--Tim Puslitbang Polri cek tingkat kepercayaan masyarakat di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, Selasa (7-6-2022).

Tim yang dipimpin Kombes Pol Azis Saputra mengunjungi Polres Pringsewu guna melakukan penelitian tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja Polri.

Kedatangan tim disambut Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi didampingi Kabag Perencanaan Kompol Kenedy Pratidina, Kasat Reskrim Iptu Feabo, dan Kasat Intelkam Iptu Asiadi Wasito.

Kombespol Azis Saputra mengatakan, tujuan penelitian ini untuk mengetahui perspektif masyarakat terhadap layanan kepolisian pada lima fungsi kepolisian yakni fungsi Lantas, Reskrim, Intel, Binmas dan Sabhara.

"Kami akan lihat bagaimana kepuasan masyarakat terhadap lima fungsi operasional tersebut dengan dua pendekatan, yaitu kuantitatif dan kualitatif,” terang dia.

Menurut Kombes Azis, ke Polres Pringsewu bukan untuk mencari-cari kesalahan atau kebenaran. "Hasil penelitian ini akan menunjukkan indeks kepercayaan masyarakat, sehingga menjadi indikator zona mana saja yang sangat berpengaruh," ujar dia.

Selain pendalaman internal, Tim Puslitbang juga akan melakukan pendalaman eksternal kepada perwakilan tokoh masyarakat di Kabupaten Pringsewu. "Kami berharap perwakilan masyarakat ini betul-betul transparan sesuai yang dirasakan dan diterima selama ini," harap Kombes Azis.

Dia menambahkan ada dua kunci kesuksesan pelayanan kepada masyarakat yaitu dukungan publik dan restu publik. "Hal ini sangat penting untuk mengukur sejauh mana kepuasan dan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja kepolisian terutama di Polres Pringsewu," tegas dia.

Hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan gambaran tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pelayanan kepolisian di wilayah hukum Polres Pringsewu.

Kapolres AKBP Rio Cahyowidi mengucapkan terima kasih kepada Tim Puslitbang Polri atas kunjungannya dalam rangka penelitian dan supervisi tingkat kepercayaan masyarakat di Polres Pringsewu.

"Kami senantiasa berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan juga mengharapkan bimbingan, saran dan masukan kepada ketua tim dan rombongan dari Puslitbang Polri," kata dia. AKBP Rio menambahkan, segera terapkan apa yang diarahkan untuk kemajuan Polres Pringsewu dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos