Buka Bimtek Duta KPB, Gubernur Dorong Minat Generasi Muda untuk Bertani

img
Gubernur Arinal Djunaidi

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Duta Kartu Petani Berjaya di Aula Fakultas Pertanian Universitas Lampung (Unila) Kamis (14-7-2022).

Gubernur menyebutkan, saat ini banyak tantangan yang dihadapi sektor pertanian. Salah satunya rendahnya minat generasi muda untuk bertani.

Demi menjawab tantangan tersebut, Arinal mencoba untuk menumbuhkan gairah generasi muda agar dapat berperan serta di sektor pertanian.

"Saya menginisiasi untuk menumbuhkan gairah generasi muda agar dapat berperan serta di sektor pertanian dengan pemberian beasiswa bagi anak petani yang tidak mampu. Sehingga dapat kuliah di bidang Pertanian melalui Program Kartu Petani Berjaya," kata Arinal.

Karena itu, diharapkan generasi muda lebih berminat untuk memajukan pertanian di Provinsi Lampung.

"Peran Duta KPB khususnya mahasiswa dan mahasiswi ini sangat ditunggu untuk dapat mewujudkan pertanian yang modern," sebutnya.

Gubernur juga menjelaskan, program KPB secara umum bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani menuju kesejahteraan melalui upaya penyelesaian permasalahan secara terstruktur, sistematis dan terintegrasi melalui pemanfaatan sistem teknologi informasi.

Selain itu, Program KPB juga memberikan jaminan kepastian antara lain ketersediaan sarana produksi pertanian, akses permodalan, pembinaan manajemen usaha dan teknologi, penanganan panen dan pasca panen dan pemasaran hasil usaha pertanian.

"Dalam hal meningkatkan kesejahteraan petani, Program KPB memberikan jaminan sosial bagi petani miskin, tidak mampu dan beasiswa pendidikan keluarga petani miskin dan tidak mampu," jelasnya. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos