Jumlah ASN di Metro Berkurang

img
Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Metro Sutikno

MOMENTUM, Metro--Tahun ini tercatat 185 aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemkot Metro memasuki masa pensiun.

"Berdasarkan data, dari Januari hingga Desember 2022, tercatat ada 185 ASN memasuki batas usia pensiun, 58 tahun. Mereka dari berbagai posisi jabatan. Mulai dari kepala dinasi, jabatan fungsional dan struktural," kata Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Metro Sutikno pada Harianmomentum.com, Rabu (27-7-2022).

Kondisi tersebut otomatis mengurangi jumlah ASN di Kota Metro. "Setelah dikurangi jumlah yang pensiun, maka  saat ini ASN di Kota Metro  hanya 3.700 orang. Padahal kita membutuhkan sekitar delapan ribuan ASN, sesuai dengan formasi yang disetujui Kemenpan RB," terangnya.

Meski demikian, Pemkot Metro tetap berupaya mengoptimalkan kinerja ASN yang ada, sesuai tugas pokok dan fungsi di masing-masing organisasi perangkat daerah. Termasuk memberdayakan tenaga honorer dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

"Kita sudah dapat edaran dengan Kemenpan RB, daerah untuk melakukan pemetaan tenaga jummlah PPPK dan spesifikasi penugasnya. Mudah-mudahan dalam waktu dua atau tiga bulan kedepan pemetaanya selesai," ungkapnya.

Menurut dia, sesuai aturan, PPPK hanya dapat ditempatkan untuk mengisi jabatan fungsional saja. "Syarat pendidikan untuk PPPK minimal diploma tiga. Untuk batas usia penerimaan PPPK bisa sampaik 56 tahun. Jadi teman-teman honorer tidak perlu khawatir, meski sudah usia 56 tahun bisa tetap ikut seleksi penerimaan PPPK," jelasnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos