Selebgram Cantik Asal Palembang, TPPU Hasil Transaksi Narkoba

img
Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika

MOMENTUM, Bandarlampung-- Ditangkapnya selebgram cantik asal Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), disebut karena menerima aliran dana dari suaminya, David alias Kadafi, terpidana jaringan narkoba internasional. 

Selebgram berinisial APS tersebut ditangkap lantaran menyembunyikan beberapa aset mewah milik suaminya hasil dari transaksi narkoba jaringan internasional. 

"Ada Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dari selebgram yang kita amankan. Diduga ada aliran dana yang digunakan untuk membeli beberapa barang mewah hasil dari transaksi narkoba oleh APS," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika kepada wartawan di mapolda setempat, Rabu (30-8-2023). 

Baca Juga: Selebgram Berikut Enam Mobil Mewah Diboyong ke Polda Lampung

Helmy menjelaskan, kasus tersebut merupakan pengembangan dari rangkaian pengungkapan jaringan narkotika yang dilakukan secara bersama-sama oleh Mabes Polri. 

"Ini merupakan kerja sama pengungkapan jaringan narkotika internasional, baik Polda Lampung, Banten, Kalimantan Selatan, Mabes Polri bahkan melibatkan kerja sama dengan internasional," jelas dia. 

Dari jaringan narkotika internasional itu, Helmy mengatakan, pihaknya menemukan ada dugaan TPPU terhadap APS. "Kita pelajari, ternyata kita menemukan ada dugaan aliran dana yang mengalir kepada yang bersangkutan (APS)," bebernya.

Terpisah, Dirresnarkoba Polda Lampung, Kombes Pol Erlin Tangjaya menjelaskan bahwa bahwa David (Suami APS) menerima sabu sebanyak 10 kilogram dari tersangka Fajar Reskianto. 

Fajar telah ditahan oleh Ditresnarkoba Polda Lampung setelah tertangkap pada Maret 2023. Dari sini, polisi terus mengembangkan penyelidikan hingga akhirnya sampai kepada selebgram asal Kota Palembang.

"Awalnya kami menangkap tersangka Fajar Reskianto pada Maret 2023 lalu. Dari hasil pemeriksaan terhadap Fajar tersebut, nama David yang rupanya mendapatkan 10 kilogram dari total 35 kilogram sabu," katanya, Rabu (30-8) 

Dia juga menjelaskan, narkotika jenis sabu sebanyak 10 kilogram itu didapatkan David dari tersangka Angga asal Provinsi Riau.

"Barang itu didapatkan dari tersangka Angga yang ditugaskan mengambil sabu dari Riau," jelasnya.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menangkap selebgram asal Palembang dan mengamankan enam mobil mewah milik tersangka.

Penangkapan wanita berinisial APS itu dilakukan Ditresnarkoba Polda Lampung, di Jalan Basuki Rahmat, Palembang, pada Sabtu (26-8-2023), lantaran diduga terlibat jaringan narkoba internasional.

Tak hanya APS, polisi juga mengamankan enam mobil mewah miliknya. Mobil yang dimaksud yaitu jenis Alphard, Jaguar, Mercedes, BMW, Mitshubishi Pajero hingga Toyota Innova. Mobil-mobil tersebut terparkir di halaman mapolda setempat. (ard) 






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos