Masih Belum Final..! KPU Lampung Seleksi Berkas Perbaikan Calon DPD RI

img
Penyerahan berkas perbaikan seleksi calon anggota DPD RI di KPU Provinsi Lampung./Agung DW

Harianmomentum.com--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menerima 15 berkas perbaikan dari bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI.

 

Komisioner KPU Lampung M Tio Aliansyah menjelaskan, penyerahan berkas perbaikan bakal calon anggota DPD RI hingga Minggu (20/5) pukul 24.00 WIB.

 

Hingga pukul 16.00 WIB, KPU Lampung baru menerima 15 berkas perbaikan. Sedangkan, tujuh lainnya belum menyerahkan perbaikan.

 

"Alhamdulillah, sampai saat ini sudah ada 15 orang yang menyerahkan berkas perbaikan bakal calon anggota DPD RI Provinsi Lampung," terang Tio, kemarin.

 

Dia menerangkan, jika sampai waktu yang ditetapkan tidak menyerahkan berkas perbaikan, maka akan dianggap gugur dan tidak dapat melanjutkan ke proses verifikasi faktual.

 

"Kalau sampai pukul 24.00 WIB, tidak mengembalikan, maka proses selanjutnya tidak akan kita lakukan," ujarnya.

 

Sementara, dia melanjutkan, bagi yang sudah mengembalikan berkas perbaikan akan dilakukan tahapan verifikasi administrasi kembali.

 

Dia menerangkan, ada tiga proses dalam tahapan verifikasi administrasi. Yakni, proses sinkronisasi antara lampiran f1 HP (hasil perbaikan) dengan softcopy dan salinan fotokopi KTP elektronik.

 

Kemudian, pengecekan kegandaan baik internal atau eksternal dan mengecek apakah pendukungnya masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau tidak.

 

"Kalau yang menyerahkan, artinya kita balik lagi ke tahapan awal, yakni verifikasi administrasi. Ada tiga tahapan itu. Pertama, kita lakukan sinkronisasi, lalu kita cek kegandaan dan kita cek juga pendukungnya masuk dalam DPT atau tidak. Baik DPT Pemilu atau Pilkada terakhir," terangnya.

 

Dia melanjutkan, setelah selesai verifikasi administrasi, maka akan dilanjutkan pada tahapan verifikasi faktual.

 

"Jadi masih banyak tahapannya. Habis verifikasi faktual baru mulai pendaftaran pada Juli mendatang," jelasnya.

 

Sejauh ini, dia melanjutkan terdapat 31 bakal calon anggota DPD RI Provinsi Lampung, sembilan diantaranya telah dinyatakan lulus verifikasi administrasi.

 

"Tapi itu juga belum bisa dipastikan lulus. Karena masih harus verifikasi faktual dulu," jelasnya. (adw)

 






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos